Tabulasi Pilpres KPU Dihentikan

PDIP: KPU Harus Rampungkan Tabulasi Suara

VIVAnews - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menyatakan Komisi Pemilihan Umum harus menyelesaikan semua program yang sudah dirancang sejak awal, termasuk proses tabulasi surat suara Pemilihan Umum Presiden 2009 versi pesan layanan singkat (SMS).

"Harus dilaksanakan sampai tuntas dan final," kata Tjahjo dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews, Sabtu 11 Juli 2009.

Jika tidak merampungkan tabulasi itu, kata dia, hal itu menunjukkan ketidakkonsistenan KPU. "KPU terkesan terpengaruh dengan hasil quick count," tambahnya.

Lebih jauh, tambah dia, opini publik akan menyudutkan posisi KPU sebagai lembaga yang menciderai demokrasi.

KPU sudah menghentikan penghitungan suara tabulasi nasional Pemilu Presiden (Pilpres) melalui SMS (pesan singkat). Penghentian ini dinilai sebagai salah satu akibat dari bentuk intervensi  terhadap KPU oleh lembaga  bernama IFES.

IFES atau International Foundation for Electoral System adalah organisasi nirlaba asal Amerika Serikat. IFES ini menyokong KPU untuk tabulasi elektronik dengan memanfaatkan teknologi pesan pendek (SMS).

Dengan dukungan perusahaan yang berbasis di Washington itulah, KPU menggunakan teknologi SMS itu. Mekanismenya, pengiriman data hasil pemilu, dilakukan oleh ketua-ketua KPPS dari tiap TPS, melalui SMS.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini
Desta dan Natasha Rizky Lebaran Bersama

Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara

Round-up dari kanal Showbiz pada Selasa, 16 April 2024. Sa;ah satunya tentang Desta yang merasa takjub dengan cara Natasha Rizky beri pendidikan agama ke anak-anaknya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024