Enam Alasan SBY-Boediono Menang 1 Putaran

VIVAnews - Lingkaran Survey Indonesia membeberkan enam alasan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dapat memenangi Pemilihan Presiden 2009 dalam satu putaran.

"Pertama, sebelum kampanye digelar, posisi SBY sudah sangat kuat," kata Direktur Eksekutif LSI, Denny Januar Ali, di sela pengumuman quick count di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Rabu 8 Juli 2009.

Menurut Denny, berdasarkan survei LSI, pasangan SBY-Boediono dipilih oleh 63,1 persen responden. Sementara pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto hanya meraih 16,4 persen. Sedangkan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto meraih 5,9 persen.

Alasan kedua, lanjut Denny, pada masa kampanye SBY masih belum tertandingi. LSI menemukan akuisisi popularitas SBY oleh JK, tetapi belum cukup signifikan untuk mengajak SBY-Boediono ke pilpres putaran kedua.

"Diketahui pendukung SBY menurun sekitar tiga persen selama masa kampanye, sementara JK naik tujuh persen dan Megawati capai 11 persen. Swing voters tercatat oleh LSI menyentuh 14,6 persen," jelasnya.

Alasan ketiga, LSI menilai popularitas SBY sulit digoyahkan selama kampanye. SBY lebih dikenal, disukai, dan dianggap pantas sebagai pemimpin. "Hal itu diakui sekitar 90 persen responden yang kami survey," ujarnya.

Alasan keempat, pada umumnya publik puas dengan kondisi hidupnya di berbagai sektor. Misalnya di sisi ekonomi, keamanan, politik, kerukunan antarumat beragama, sampai ke hubungan internasional.

"Kelima, publik juga ditemukan puas dengan kinerja SBY sebagai presiden selama lima tahun terakhir, terutama dalam hal pemberantasan korupsi, penyusutan biaya pendidikan, penanggulangan bencana alam, dan sebagainya," jelasnya.

Alasan terakhir, publik masih ingin satu putaran. Jumlahnya mencapai 85,9 persen. Dibandingkan yang memilih dua putaran 7,1 persen dan abstain 7,1 persen.

"Karena enam alasan inilah kami berani mendeklarasi bahwa pasangan SBY-Boediono bisa dipastikan menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2009-2014, dan memenangkan pilpres cukup dengan satu putaran. Klaim ini bisa ditanggungjawabkan secara akademik karena akurasinya begitu tinggi," bebernya.

arry.anggadha@vivanews.com


· Jadi yang paling dulu tahu hasil Pilpres 2009! Ikuti Quick Count tercepat dan terakurat. Update tiap jam! Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Tarif Rp 1.000 per SMS, untuk semua operator.
 
· Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga DI SINI

Terungkap! Sosok di Balik Gambar Legendaris Kaleng Khong Guan
Istimewa

Bus Rosalia Indah Kecelakaan Tunggal di Tol, 7 Penumpang Tewas

Sebuah Bus PO Rosalia Indah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Km 370 A Tol Batang-Semarang Jawa Tengah pada Kamis 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024