Kontroversi Pernyataan Andi Mallarangeng

Andi: Barangkali Saya yang Maju di 2014

VIVAnews - Orasi politik Koordinator Media Tim Kampanye  SBY-Boediono, Andi Alfian Mallarangeng di hadapan sekitar seribu pendukung di GOR Matoangin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 1 Juli 2009, menuai kontroversi. Sejumlah tokoh Sulawesi Selatan menganggap dia telah menyinggung perasaan orang Bugis.

Dalam orasinya, Andi menyebut meski banyak Orang Bugis yang pantas jadi pemimpin, belum saatnya.  Ada waktunya masing-masing, namun sekarang yang terbaik adalah SBY-Boediono.

Menurut Rektor Universitas Fajar Makassar, Halide mengatakan seharusnya Andi tak menyinggung perasaan Orang Bugis. "Jangan singgung yang menimbulkan perpecahan," kata Halide, seperti ditayangkan TV One, Jumat 2 Juli 2009 malam.

Ditambahkan dia, padahal Andi hanya 'menyanyikan lagu' orang lain.

Bagaimana jawaban Andi?  "Insyaallah pada 2014 saya akan menyanyikan lagu sendiri," tukas Andi Mallarangeng, menjawab pernyataan Halide.

Ketika ditanya, kapan saatnya Orang Bugis jadi presiden, Andi menjawab hal senada. "Barangkali saya di 2014 nanti, tapi banyak orang-orang Bugis yang pantas jadi pemimpin," kata Andi.

Dia lalu menyinggung adiknya, Rizal Mallarangeng yang juga pernah mencoba masuk ke bursa calon presiden 2009.

Sebelumnya, Andi bersikukuh tak meminta maaf atas pernyataan yang dianggap menyinggung perasaan Orang Bugis. Alasannya, tak ada yang salah dalam isi pernyataannya.

"Apa salahnya, dimana salahnya? Saya hanya memperlihatkan bahwa orang bisa memiliki pilihan politik yang rasional, apa yang salah," kata Andi.

Menurut dia, pernyataannya dibesar-besarkan karena sudah dekat dengan pelaksanaan pemilu. "Ini politisasi," tambah Andi.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi
Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024