POLITIK

Surat Suara Pemilihan Presiden Berpengaman

Hal ini berbeda dengan surat suara Pemilu yang tidak menggunakan security printing ini.

ddd
Selasa, 26 Mei 2009, 16:47 Arfi Bambani Amri, Suryanta Bakti Susila
Ketua KPU melihatkan contoh surat suara Pemilu 2009
Ketua KPU melihatkan contoh surat suara Pemilu 2009 (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVAnews - Surat suara Pemilihan Presiden akan menggunakan pengaman khusus atau disebut security printing. Pengaman ini menghindari pemalsuan.

"Ada tanda khusus, security printing. Kalau saat pemilu legislatif hanya dicap, sekarang langsung ada di surat suara," kata Wakil Kepala Biro Logistik Komisi Pemilihan, Boradi, di Kantor Komisi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa, 26 Mei 2009.

Menurut dia, pengaman khusus itu diletakkan tersembunyi. "Hanya dapat dilihat dengan jelas di bawah sinar ultra violet," ujarnya.

Komisi sudah menyiapkan desain surat suara untuk tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ukuran surat suara pilpres ini lebih kecil dibandingkan dengan pemilihan legislatif yakni, 23 kali 27 centimenter. Sementara, untuk pemilihan legislatif 84 kali 54 centimeter.

"Untuk pilpres ini, surat suaranya kecil jadi harus dipotong tetapi cetaknya tetap plano. Kalau tiga pasangan calon ukuran surat suaranya 23x27 cm, yang berat itu bukan cetaknya tapi 'finishing'-nya. Memotongnya itu pasti menggunakan kertas plat," katanya.

Sebab itu, kata dia, perusahaan pencetakan harus memiliki mesin pemotong kertas yang memadai karena surat suara yang dicetak ukurannya lebih kecil.

Kini, proses lelang memasuki tahap evaluasi dokumen penawaran dari calon rekanan. "Panitia hari ini berkumpul untuk menetapkan nominasi, kan harus evaluasi silang, mana yang lebih menguntungkan," katanya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog