Partai Pendukung Prabowo Bentuk Koalisi Permanen

Deklarasi koalisi Merah Putih di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ochi April
VIVAnews
Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
- Isu perpecahan Koalisi Merah Putih mencuat setelah Partai Golkar menimbang untuk menyeberang ke kubu calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, untuk menampik kabar ini, enam partai politik yang tergabung dalam koalisi merah putih ini akan menformalisasi kesepakatan koalisi ini sehingga ke parlemen.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Menurut Sekertaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, Minggu 13 Juli 2014, penandatanganan ini sekaligus sinyal bahwa berdasarkan gelombang data yang masuk ke dalam server quick real count di pusat tabulasi nasional KMP, bahwa pemenang pilpres 2014 adalah pasangan Prabowo-Hatta.
Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024


"Karenanya, sinyalemen yang dilontarkan sejumlah pihak akan adanya perubahan peta koalisi adalah tidak berdasar," kata Romahurmuziy atau Romi dalam siaran persnya.


Penandatanganan formalisasi koalisi permanen ini, akan dilakukan besok, Senin 14 Juli 2014 di Tugu Proklamasi pada pukul 15.30 WIB.


Enam partai politik yang akan menandatangani pengesahan koalisi permanen itu adalah Partai Gerindra, Golkar, PPP, PKS, PAN dan Demokrat. Jika dijumlahkan, perolehan kursi mereka di parlemen mencapai 353 kursi atau 63 persen. "Kesepakatan akan ditandatangani langsung oleh masing-masing ketua umum partai politik," kata Romi.


Dalam kesepakatan tersebut akan diatur hak, kewajiban, pelembagaan, dan mekanisme manajemen koalisi 5 tahun ke depan.


"Meskipun perubahan UU MD3 tidak meliputi komposisi pimpinan dewan dan AKD DPRD provinsi dan kabupaten/kota, tidak tertutup kemungkinan KMP akan mengekstensi koalisi sampai tingkatan daerah. PPP menegaskan dirinya akan berpartisipasi aktif dalam penandatanganan esok sekaligus meneguhkan eksistensi permanen KMP," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya