Permintaan KPU Jelang Penghitungan Suara Pilpres

Debat Capres-Cawapres 2014 di Balai Sarbini, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
- Komisi Pemilihan Umum meminta pasangan calon presiden dan wakil presiden menempatkan para saksi yang kredibel untuk mengikuti rekapitulasi secara berjenjang. KPU juga berharap Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maupun Joko Widodo-Jusuf Kalla memberi kepercayaan penuh kepada para saksi yang telah ditempatkan.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

"Sehingga pembahasan tingkat demi tingkat tidak menafikkan keberadaan para saksi masing-masing," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantornya, Kamis 10 Juli 2014.
Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran


Menurut Husni, dengan menempatkan saksi yang mumpuni, pasangan calon bisa membuat para konstituennya tenang karena yakin bahwa proses rekapitulasi akan berjalan secara jujur, profesional dan akuntabel. Dengan demikian, terhindar dari hal-hal yang tidak produktif seperti adanya ketegangan atau gesekan.


"Konstituen agar bersabar untuk menciptakan kondisi yang baik dalam pelaksanaan rekapitulasi secara berjenjang," jelasnya.


Husni mengingatkan dunia internasional sudah memberi apresiasi atas penyelenggaraan pemungutan suara yang aman dan demokratis. Kondisi itu menurutnya perlu dipelihara bersama-sama, baik oleh peserta pemilu, pemerintah maupun masyarakat luas.


"Supaya mereka tidak mudah terprovokasi," ucapnya.


KPU telah menggelar pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS pada Pemilihan Presiden 2014, Rabu 9 Juli 2014. Setelah selesai, berlanjut ke desa/kelurahan yang dikelola oleh PPS mulai 10-12 Juli.


Kemudian, di tingkat kecamatan oleh PPK, 13-15 Juli, di tingkat kabupaten/kota 16-17 Juli, bersamaan dengan rekapitulasi PPK di dalam negeri, luar negeri dilakukan oleh PPLN pada 10-14 Juli, di tingkat provinsi 18-19 Juli, secara nasional pada 20-22 Juli 2014.


KPU menjadwalkan penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara secara nasional dapat dilaksanakan pada 21-22 Juli 2014. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya