KPU Tetapkan Debat Capres-Cawapres Tanpa Panelis

Pengambilan Nomor Urut Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon presiden dan wakil presiden yang akan disiarkan secara langsung dan tidak langsung di sejumlah stasiun televisi nasional. Debat mengenai visi-misi capres dan cawapres itu akan dilaksanakan mulai 8 Juni hingga 5 Juli 2014.
Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Debat capres dan cawapres akan ditayangkan oleh sejumlah televisi nasional," kata Komisioner KPU Arief Budiman, di kantornya, Jakarta, Selasa, 3 Juni 2014.
Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Arief menjelaskan, mekanisme dalam debat capres yang telah ditetapkan yakni tidak ada panelis untuk memberikan pertanyaan kepada para peserta. Namun acara debat menggunakan moderator sebagai orang yang akan memandu acara dan memberikan pertanyaan kepada para kandidat.
Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

"Sama seperti debat capres ketika Pemilu 2009, hanya pakai moderator. Kalau pakai panelis waktunya tidak efektif karena nanti panelis sibuk sendiri dengan argumen-argumen dan pertanyaan-pertanyaannya," kata Arief.

Menurut Arief, alasan KPU tidak menggunakan panelis dalam debat kali ini berkaca dari debat capres Pemilu Presiden 2004 silam. Ketika itu, durasi debat menghabiskan waktu yang cukup lama, serta keterlibatan panelis tidak fokus pada substansi debat.

"Belajar dari debat capres terdahulu memakan waktu lama dan tidak ada esensinya," katanya.

Arief menambahkan, dalam acara debat nanti, KPU telah menyiapkan moderator yang akan memandu selama debat berlangsung. Moderator yang dipersiapkan KPU meliputi, akademisi, profesional dan ada juga dari presenter televisi yang menayangkan acara tersebut.

"Durasi debat capres akan berlangsung selama 90 menit. Peserta debat akan diberi waktu untuk istirahat setiap 30 menit," terangnya.

Berikut jadwal debat capres yang telah ditetapkan KPU:

8 Juni 2014

Debat capres diselenggarakan dan ditayangkan oleh SCTV dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum.

15 Juni 2014

Debat cawapres diselenggarakan dan ditayangkan oleh Metro TV dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Keaejahteraan Sosial.

22 Juni 2014

Debat capres diselenggarakan dan ditayangkan oleh TV One dan ANTV dengan tema Politik Internal dan Ketahanan Nasional.

29 Juni 2014

Debat cawapres diselenggarakan dan ditayangkan oleh RCTI dan MNC dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK.

5 Juli 2014

Debat pasangan capres dan cawapres diselenggarakan dan ditayangkan Kompas TV dan TVRI dengan tema Pangan, Energi, dan Lingkungan. (ms)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya