Istana Benarkan Hatta Ajukan Pengunduran Diri

Islamic Book Fair 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Hatta Rajasa akan mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menko Perekonomian ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini, Selasa 13 Mei 2014. Pengunduran diri tersebut terkait Pilpres 2014.
Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha membenarkan bahwa pertemuan itu akan digelar di kantor presiden sore ini, pukul 17.00 WIB.
Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

"Nanti kita dengarkan penjelasan dari Pak Hatta. Ada rencana mengenai hal itu ya (pengunduran diri). Saya berhenti di situ. Rencananya memang demikian. Tapi mengenai apa, ya nanti," ujar Julian di Kompleks Istana Negara, Jakarta.
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Namun, ternyata Hatta tak akan sendirian menghadap Presiden SBY. Prabowo Subianto, ketua umum DPP Gerindra, juga dijadwalkan bertemu dengan SBY. 

"Presiden berkenan menerima beliau-beliau. Siapa pun yang menjadi, apakah ketum parpol, siapa pun berhak bertemu presiden. Apalagi ada hal yang penting disampaikan. Bicara apa saja bisa dong," kata Julian.

Julian enggan menjelaskan maksud kedatangan Prabowo ke kantor presiden. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa merujuk UU Nomor 42/2008 pejabat negara atau menteri aktif harus mundur bilamana hendak mencalonkan presiden atau wakil presiden. 

"Bilamana Pak Hatta secara resmi dicalonkan parpol atau dideklarasikan pencalonan bersama Prabowo, dengan sendirinya harus mundur. Itu amanat UU. Tidak berlaku kepala daerah, tak harus mundur, hanya berdasarkan etika pemerintahan, kepala daerah ajukan izin kepada presiden yang menyatakan yang bersangkutan memang diajukan sebagai calon presiden oleh parpol," jelasnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya