Menteri Pemberdayaan Perempuan Kaget Aceng Fikri Lolos ke Senayan

Bupati Garut Aceng Fikri (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar kaget mengetahui mantan Bupati Garut Aceng Fikri lolos ke Senayan. Aceng terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) utusan Jawa Barat pada pemilu 9 April lalu.

"Ah yang benar? Saya kehabisan kata-kata, kaget, surprise," kata Linda di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, 25 April 2014.

Linda juga mengaku heran ada masyarakat yang memilih Aceng sebagai wakilnya di Senayan. Sebab, kata dia, Aceng pernah menjadi sorotan karena kasusnya yang menyinggung martabat perempuan.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Ternyata masyarakat ya masih seperti itu ya. Saya juga mesti melihat lebih jauh ini," kata dia.

Menurut Linda, ada dua kemungkinan mengapa masyarakat memilih Aceng, yaitu ada pengaruh dan keterbatasan akses informasi perempuan di Jawa Barat sehingga kurang mengetahui kasus Aceng ini.

"Kita juga nggak tahu ini yang memilih ini masyarakat perempuan atau lelaki yang banyak," ujarnya.

Walau bagaimanapun, Aceng sudah dipilih oleh rakyat. Linda berharap Aceng memetik pelajaran dari kasusnya di masa lalu ketika dia bertugas sebagai anggota DPD.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Selain itu, dia juga meminta Aceng benar-benar memperhatikan kepentingan perempuan dan anak yang sangat rentan mengalami kekerasan, diskriminasi, ketidakadilan.

"Perempuan juga banyak yang tidak mendapatkan akses kepada hukum, kepada masalah-masalah pendidikan, dan kesehatan," ucapnya.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Kasus Aceng mencuat pada Desember 2012 ketika dia masih menjabat sebagai Bupati Garut. Dia dimakzulkan dari jabatannya oleh DPRD Garut atas rekomendasi Mahkamah Agung karena telah menikah siri dengan anak yang baru berusia belasan tahun Fani Oktora pada 14 Juni 2012. Pernikahannya berlangsung kilat, empat hari. Dia menceraikan Fani hanya dengan pesan singkat pada 17 Juli 2014.

Kasus inipun mendapat sorotan publik dan beberapa tokoh politik langsung memantaunya dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ms)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024