Terpilih Lagi, Komedian Eko Patrio Ingin Tuntaskan RUU Kebudayaan

Politikus PAN Eko Hendro Purnomo
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVAnews -
10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?
Eko Hendro Purnomo, yang beken disapa Eko "Patrio," dipastikan terpilih lagi menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Eko maju dari Partai Amanat Nasional (PAN) di dapil VIII Jawa Timur.

Puji Cara Natasha Rizky Mendidik Agama ke Anak-anak, Desta Kerap Merasa Takjub

"Saya terpilih kembali. Tapi sebenarnya malah jadi beban, karena kembali mendapat amanah dari rakyat," ujar Eko Patrio, Kamis malam 24 April 2014.
Pemerintah Pastikan Fundamental Ekonomi RI Kuat Redam Dampak Ekonomi Konflik Iran Vs Israel


Pelawak itu merupakan petahana (incumbent) yang bergabung di Komisi X DPR RI bidang Pendidikan, Seni dan Budaya. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang memilih dia kembali sebagai wakil rakyat untuk lima tahun berikut.


Meski sebagai figur publik, Eko mengaku tidak hanya menjual tampang dan popularitas. Eko juga mengaku mengenal daerah pemilihannya, yang meliputi Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun.


"Artis atau tidak, asalkan menguasai dapilnya pasti jadi," kata dia.


Eko mengisahkan lolosnya dia ke Senayan di pemilu tahun 2009. Dia mengaku selalu turun langsung, menyapa konstituen di dapil VIII Jawa Timur.


"Jadi jangan di balik. Sekarang ini, yang banyak artis jual ketenaran, baru sosialisasi. Harusnya mengerti daerah pemilihannya dulu," katanya.


Di Senayan nanti, Eko mengaku ingin tetap berada di Komisi X, mengurusi soal pendidikan, seni dan budaya.


Alasannya, masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum tuntas seperti, menuntaskan RUU tentang kebudayaan. RUU itu, katanya, jika sudah disahkan menjadi undang-undang, akan menjadi payung hukum bagi UU Cagar Budaya, Perfilman serta UU Kesenian, yang sekaligus melindungi pelaku seni budaya di Indonesia. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya