Hari Ini, KPU Jakarta Hitung Suara Tingkat Provinsi

KPU Distribusikan Logistik Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, Sumarno menuturkan KPUD akan memulai merekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi, hari ini, Rabu 23 April 2014.

Rekapitulasi itu merupakan kelanjutan setelah penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), kelurahan, kecamatan, hingga kota dam kabupaten.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekapitulasi suara dilakukan di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. "Rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi dimulai pukul 14.00," kata Sumarno.

Sumarno menuturkan, Selasa 22 April 2014, merupakan hari terakhir penghitungan suara di tingkat wilayah. Tetapi, masih ada KPU tingkat kota dan kabupaten yang belum menyelesaikan penghitungan suaranya. Salah satu di antaranya adalah di Jakarta Barat dan Jakarta Timur dan diberi kesempatan menyelesaikan penghitungan suara hingga Selasa dini hari, pukul 00.00 WIB.

Rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi dilaksanakan selama dua hari, 23-24 April 2014. Sementara itu, untuk penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih DPRD akan dilaksanakan pada 11-13 Mei 2014.

"Lamanya rekapitulasi tergantung pada penerimaan partai politik, menerima atau tidak hasil rekapitulasi," kata Sumarno.

Berdasarkan data dari Posko Bersama Pemilu di Balaikota DKI Jakarta, hingga Minggu, 20 April 2014, sudah 3,3 juta suara yang masuk. Posko bersama itu bukan merupakan penghitungan resmi KPU DKI Jakarta, melainkan dari laporan PNS Kesbangpol DKI di tiap kecamatan. ‎

Dari data Posko Bersama Pemilu di Balaikota DKI Jakarta tersebut, PDIP masih mendominasi suara hingga 27 persen untuk DPRD DKI dan 29 persen untuk DPR RI. Lalu, diurutan kedua Partai Gerindra dengan perolehan suara hingga 13,8 persen untuk DPRD DKI, serta 13,29 persen untuk DPR RI.

Posisi ketiga, PKS meraih suara sekitar 9,5 persen DPRD DKI, dan 10 persen untuk DPR RI. Kemudian, keempat, PPP dengan perolehan suara sekitar 9,51 persen untuk DPRD DKI dan 10,5 persen untuk DPR RI. (umi)

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024