PPP Tak Harapkan Kursi Menteri dari Koalisi dengan Gerindra

PPP Dukung Gerindra
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan dukungannya kepada Calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto. PPP mengklaim dukungan itu tanpa syarat.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

"Saya sebagai Ketua Umum PPP beserta wakil-wakil ketua umum, sejumlah ketua, sejumlah wasekjen, wakil ketua Majelis Syariah, dan anggota Majelis Syariah telah sepakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden," kata Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dalam konferensi persnya di kantor DPP PPP, Jakarta, Jumat, 18 April 2014.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia


SDA, panggilan Suryadharma, mengatakan dukungannya kepada Prabowo tidak bermaksud apa-apa. PPP tidak mempersyaratkan posisi sebagai cawapres dan tidak persyaratkan menteri jika Prabowo dapat memenangkan kompetisi Pilpres yang akan datang.


"Dukungan yang telah saya sampaikan adalah dukungan tanpa kondisi apa pun."


Selain itu partai juga meminta agar dukungan tersebut juga diberikan oleh seluruh jajaran partai berlambang kabah kepada Prabowo, mulai dari pusat hingga daerah.


SDA pun mengatakan bahwa dukungan tersebut juga telah diamini oleh Ketua Dewan Majelis Syuro PPP Maimun Zubair. "Mudah-mudahan dukungan ini diberkati Allah SWT dan dukungan yang bisa jadi penguat, pendorong, bagi Prabowo untuk memenangkan Pilpres Juli 2014," kata Menteri Agama itu.


Sementara itu Prabowo mengaku terharu mendapatkan dukungan dari PPP. Mantan politisi Partai Golkar itu mengatakan bahwa SDA, orang nomor satu di PPP, menyampaikan keinginannya untuk mendukung pencapresan ini.


"Saya ingin menyampaikan rasa terharu saya setelah Pak Suryadharma Ali dan unsur pimpinan PPP menyatakan dukungan tanpa kondisi apa pun," kata Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.


Dengan begitu, Prabowo pun menerima dukungannya dengan senang hati. "Saya, atas nama pribadi dan keluarga besar Gerindra, menerima dengan penuh tanggung jawab pernyataan dan dukungan sebagai amanat dalam rangka berjuang untuk menjaga kedaulatan bangsa Indonesia."


Soal cawapres

Soal cawapres, Prabowo mengatakan belum menyiapkan. Ia membantah kabar mengenai tiga nama calon yang ditawarkan kepada dirinya. "Siapa itu nama tiga cawapres. Dari mana itu? Saya belum tahu nama itu. Saya belum menyiapkan," katanya.


Purnawirawan jenderal bintang tiga itu menjelaskan, bukan hal mudah menentukan siapa cawapres yang akan mendampinginya. Ia membutuhkan banyak masukan mengenai siapa sosok yang cocok.


"Mekanisme pencarian cawapres harus dibahas serius dan sangat teliti. Ini mengikuti dinamika yang ada," katanya.


Mengenai kabinet yang disiapkan, Prabowo mengakui kabinetnya bakal gemuk. "Kami akan membangun koalisi besar. Bangsa ini besar. Masalahnya besar. Harus diselesaikan banyak orang."


Baginya kabinet yang gemuk justru menjadi keuntungan dalam menjalankan pemerintahan. Meski sudah menyiapkan kabinet besar, mantan Danjen Kopassus ini belum bersedia menjelaskan seperti apa bentuk dan pembagiannya.


"Kami akan bahas nanti setelah semua partai koalisi siap," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya