Eva Sundari-PDIP: Koalisi dengan Nasdem Cuma Modal Awal

Jokowi dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews -  Hitungan cepat sejumlah lembaga survei, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berada di posisi paling atas. Namun, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini tetap membutuhkan koalisi untuk mengusung calon presiden (capres) sendiri di Pilpres 2014.

Sejauh ini, PDI Perjuangan mengusung Joko Widodo atau Jokowi sebagai capres. Dan, partai yang sudah memastikan koalisinya dengan PDIP di pilpres nanti adalah Partai Nasdem pimpinan Surya Paloh.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Capres tetap Jokowi. Kan sudah deklarasi," kata Anggota Tim Pakar Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Eva Kusuma Sundari saat dihubungi VIVAnews, Kamis 17 April 2014.

Eva mengatakan, koalisi partainya dengan Nasdem itu merupakan modal awal. "Sebetulnya itu (koalisi) sudah cukup untuk modal kami mengusung capres," kata dia.

Hitung cepat (quick count) versi menempatkan PDI Perjuangan unggul dengan suara 19,77 persen suara. Hitung cepat ini dengan asumsi suara yang masuk sekitar 90,35 persen.

Sementara suara Partai Nasdem dalam hitung cepat LSI Network berkisar 6,24 persen. Jika suara kedua partai berdasarkan hitungan Komisi Pemilihan Umum sama dengan hitung cepat itu, akumulasinya cukup untuk mengusung capres sendiri, yakni lebih dari 25 persen.

"Meski begitu, kami masih membuka pintu koalisi bagi partai politik lain, asal setuju dengan strategi dan syarat kerjasama kami," kata Eva lagi.

Salah satunya, PDI Perjuangan tidak mempraktikkan bagi-bagi kursi bagi peserta koalisi. Selain itu, peserta koalisi juga harus setuju dengan rencana pembangunan PDI Perjuangan jika berhasil memerintah. (umi)

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali
Orang Tua Pratama Arhan saat di temui di rumahnya

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Orang tua Pratama Arhan senang bukan main atas kemenangan Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Mereka berdoa agar Garuda Muda lolos sampai ke babak final.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024