PDIP: Joko Widodo ke ITB Selaku Gubernur Jakarta

Mahasiswa ITB Demo Jokowi
Sumber :
VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), yang juga calon presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) didemo mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) saat menyambangi institut itu, Kamis, 17 April 2014.
Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Menanggapi insiden itu, Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah mengatakan kedatangan Jokowi dalam kapasitasnya sebagai gubernur DKI Jakarta. Jokowi diundang ITB dalam rangka penandatanganan nota kerja sama pencanangan Bandung sebagai Kota Pintar atau Smart City antara Pemda DKI dengan ITB. 
Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

"Program tersebut adalah salah satu program Pemerintah Kota Bandung yang bekerja sama dengan ITB yang juga melibatkan Pemda DKI Jakarta dalam pelaksanaannya," kata Basarah.
Menantu yang Sewa Pembunuh Bayaran Habisi Nyawa Mertua Terancam Hukuman Mati

Menurut dia, protes yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa di Bandung yang mendemo kedatangan Jokowi ke kampus ITB dengan tuduhan politisasi kampus adalah sikap yang tidak sesuai kondisi objektifnya.

"Sebagai Gubernur DKI, Jokowi sah untuk datang dan menghadiri undangan Rektor ITB, apalagi acara tersebut menyangkut kerja sama untuk kepentingan dan  kebaikan semua pihak," kata dia.

Menurut Basarah, justru jika Jokowi tidak hadir memenuhi undangan tersebut rakyat akan menilai Jokowi tidak mau melaksanakan kewajibannya sebagai Gubernur DKI serta dapat dianggap tidak punya kepedulian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan melalui kampus ITB.

"Di samping itu, saat ini bukanlah masa kampanye Pilpres karena tahapan kampanye Pilpres memang belum dimulai," katanya.

Basarah menegaskan, penandatanganan kerja sama ITB dan Pemda DKI adalah bukti Jokowi memanfaatkan potensi bangsa Indonesia sendiri untuk membangun bangsa.

Seperti diketahui, kedatangan Jokowi ke kampus ITB Bandung mendapat sambutan yang kurang baik dari mahasiswa ITB itu. Setibanya di depan gerbang Kampus ITB, Bandung, rombongan mobil Jokowi tiba-tiba dihadang oleh puluhan mahasiswa yang sedang berorasi.

Para mahasiswa itu menolak kedatangan Jokowi karena mantan walikota itu dianggap kerap mempolitisasi kampus dengan cara melakukan kuliah umum di kampus-kampus di seluruh Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya