Hendrawan PDIP: Koalisi Harus Ramping, Selektif, dan Solid

Kampanye Terakhir PDIP
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, koalisi yang dibentuk untuk menghadapi pilpres harus ramping, selektif dan solid.
Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Kepada VIVAnews, Kamis 17 April 2014, Hendrawan menjelaskan ramping artinya koalisi tidak tambun dan melibatkan terlalu banyak partai. Koalisi yang ramping menurutnya akan lebih memudahkan bergerak dan bermanuver.
6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Kedua, koalisi harus selektif, artinya tidak sembarang partai bisa terlibat di dalamnya. Kesamaan menurut Hendrawan tidak hanya sebatas pada tataran platform dan visi serta misi, namun harus dirumuskan dalam sebuah strategi dan taktik bersama.
Mengandung Air yang Tinggi, 5 Jenis Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Ketiga, koalisi harus solid, artinya harus memiliki orientasi yang sama dalam mengelola negara ke depan. Soliditas dibutuhkan agar ketika koalisi berhasil memenangkan pilpres, maka koalisi mampu menjalankan pemerintahan dengan efektif di ranah eksekutif maupun bersinergi di parlemen.

"Jadi jangan hanya berpikir dalam kerangka jangka pendek hanya sebatas memenangkan pilpres dan bagi-bagi kekuasaan saja," katanya.

Hendrawan menuturkan, saat ini baru Partai Nasdem yang memastikan untuk berkoalisi dengan partainya. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah partai yang bergabung dalam koalisi akan terus bertambah.

"Saat ini kan situasinya masih cair, jadi komunikasi terus dijalin intensif dengan semua piihak. Yang jelas kami masih membuka diri," katanya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya