Siap-siap, Daftar Anggota DPR Tukang Bolos Akan Diumumkan

Politikus PDIP, Trimedya Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVAnews - Jelang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014, tingkat absensi anggota Dewan Perwakilan Rakyat terus menurun.
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Badan Kehormatan DPR, Trimedya Panjaitan menyatakan guna mengantisipasi masalah ini, pihaknya sudah bersurat kepada pimpinan fraksi untuk mengingatkan anggotanya yang kerap membolos.
Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

"Kita memang punya tanggung jawab ke Dapil (daerah pemilihan) karena ini detik-detik terakhir. Tapi di luar itu kami punya gaji utuh sebagai anggota dewan," ujar Trimedya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2014.
Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Trimedya menyarankan agar pada Pemilu mendatang, rakyat jangan memilih calon anggota dewan yang malas dan bermasalah.

"Orang-orang malas tidak usah dipilih lagi. Rakyat sudah tahu mana anggota DPR yang suka bolos, mana anggota DPR yang bermasalah, dan partai yang bermasalah," kata Ketua Bidang Hukum PDI Perjuangan itu.

Ke depan, Badan Kehormatan DPR akan memberikan masukan ke Baleg agar anggota dewan yang bolos sebanyak empat kali untuk diberi sanksi. BK juga akan mengumumkan nama-nama anggota yang sering membolos

"Jadi empat kali tidak masuk rapat komisi, Panja, atau Pansus, bukan hanya rapat Paripurna saja. BK bisa memanggil anggota walaupun tidak ada laporan, dan absen bisa kami umumkan," ujarnya.

Absen

Pada sidang Paripurna hari ini, jumlah anggota dewan yang hadir hanya 205 orang. Dari jumlah tersebut hanya satu anggota dewan dari Fraksi Demokrat yang hadir yakni Ruhut Sitompul.

Paripurna kali ini mempunyai beberapa agenda yakni pengambilan keputusan terhadap RUU Keinsinyuran, pengambilan keputusn terhadap RUU tentang Pengesahan International Convention For The Acts Of Nuclear Terrorism United Nasional 2005, pendapat fraksi tentang pengambilan keputusan terhadap RUU usul inisiatif Baleg DPR RI tentang Perubahan Atas Perubahan UU No.15/2006 tentang BPK menjadi RUU usul DPR RI, dan penjelasan wakil pengusul atas usul hak interplasi kasus ketenaga kerjaan Outsorcing di perusahaan BUMN, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Berikut daftar absensi anggota dewan ketika sidang diketuk oleh pimpinan sidang Priyo Budi Santoso.

Fraksi Demokrat : 1 orang
Fraksi Golkar : 55 orang
Fraksi PDIP : 49 orang
Fraksi PKS : 35 orang
Fraksi PAN : 15 orang
Fraksi PPP : 18 orang
Fraksi PKB : 6 orang
Fraksi Gerindra : 17 orang
Fraksi Hanura : 9 orang


Berdasarkan informasi, anggota dewan dari Fraksi Demokrat pagi ini mengadakan rapat internal fraksi, sehingga mereka baru datang setelah satu jam rapat Paripurna dimulai. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya