Jelang Pemilu, Banyak Anggota DPR Tak Hadir di Rapat Paripurna

Rapat paripurna DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
– Sidang paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan, Jakarta, semakin sepi memasuki tahun politik, 2014. Banyak anggota DPR yang sibuk turun ke daerah pemilihan mereka untuk mengamankan suara guna mempertahankan kursi sebagai anggota Dewan.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Sidang paripurna hari ini, Rabu 15 Januari 2014, hanya dihadiri 285 dari total 560 anggota DPR – hanya separuh angota Dewan. Rapat paripurna yang seharusnya dimulai pukul 10.00 WIB pun molor hingga pukul 11.00 WIB demi menunggu kuorum.
Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025


Merujuk daftar presensi, mereka yang hadir di rapat paripurna DPR hanya 75 dari 148 anggota Fraksi Demokrat, 60 dari 106 anggota Fraksi Golkar, 55 dari 94 anggota Fraksi PDIP, 30 dari 57 anggota Fraksi PKS, 26 dari 46 anggota Fraksi PAN, 10 dari 38 anggota Fraksi PPP, 8 dari 28 anggota Fraksi PKB, 13 dari 26 anggota Fraksi Gerindra, dan 8 dari 17 anggota Fraksi Hanura.


Melihat banyaknya bangku kosong di rapat paripurna DPR, Ketua Badan Kehormatan DPR Trimedya Panjaitan mengatakan tahun ini adalah tahun yang sulit bagi para anggota DPR yang kembali mencalonkan diri untuk duduk di Senayan. Apalagi sekarang sudah dekat pemilu legislatif yang akan digelar 9 April 2014.


Untuk itu Trimedya meminta kepada para pemimpin fraksi untuk menegur anggotanya yang membolos. “Berkali-kali saya sampaikan, gaji kami tidak berkurang. Maka tugas di DPR harus tetap dikerjakan. Januari-Maret 2014 ini memang masa sulit. Perjuangan nasib para caleg ditentukan pada masa ini,” kata politisi PDIP itu.


BK DPR mengusulkan agar pimpinan DPR, pimpinan fraksi, dan pimpinan BK bertemu untuk membicarakan pencapaian target program legislasi nasional. “Harus realistis. Mana yang ditargetkan jangan sampai tersendat,” kata Trimedya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya