Dahlan Iskan: Peserta Konvensi Demokrat Tak Saling Bersaing

Dahlan Iskan bertemu kader-kader Demokrat di Yogyakarta
Sumber :
  • Antara/ Sigid Kurniawan
VIVAnews
Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
- Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, Dahlan Iskan, menyatakan siap untuk memenangkan konvensi. Hal ini disampaikan Dahlan saat bertemu kader Partai Demokrat daerah Yogyakarta.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Kedatangan Dahlan Iskan di kantor DPD Partai Demokrat DIY di Jalan Kolonel Sugiyono, disambut hangat sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat DIY dan pengurus daerah dan cabang lainnya.
Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah


Dalam sambutannya, Dahlan mengakui alasannya untuk maju sebagai salah satu perserta konvensi karena diminta Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.


"Meski saya bukan kader Partai Demokrat, tapi saya yakin partai ini akan memberikan perlakukan yang sama terhadap dirinya," kata Dahlan.


Saat ditanya adanya penjegalan terhadap dirinya terkait dengan dengan tuduhan korupsi, Dahlan tidak bersedia berkomentar.


"Karena saya bukan anggota Partai Demokrat dan Pak SBY melakukan sama, baik angota maupun tidak. Kita saling mendukung dan tidak bersaing," katanya.


Ditanggapi Positif


Tanggapan positif soal masuknya Dahlan Iskan sebagai peserta konvensi capres 2014 disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat DIY, Sukedi. Keikutsertaan Dahlan di konvensi menjadi semangat baru untuk membangkitkan Partai Demokrat.


"Walau bukan anggota Partai Demokrat,  Dahlan memberi semangat kembali," katanya.


Menurutnya, kunjunga Dahlan bukan dalam rangka kampanye, tapi sebagai upaya untuk menjalin kedekatan dengan kader Partai Demokrat dan masyarakat. Selain bertemu dengan pengurus Partai Demokrat, Dahlan juga akan melakukan kunjungan kerja dalam agenda Kementerian BUMN, seperti panen raya di Sleman.


Anggota Komite Konvensi, Effendi Gazali, Jumat 3 Januari 2014 mengatakan, elektabilitas Dahlan Iskan dan Anies Baswedan masih yang tertinggi dibanding dengan 9 peserta konvensi yang lain.


Effendi mengatakan, Anies termasuk media darling, sedangkan Dahlan juga memiliki media sendiri. Kemungkinan ini menjadi faktor penyumbang tingginya elektabilitas terhadap Menteri BUMN dan Rektor Universitas Paramadina tersebut.


Menurut dosen Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI itu, ada beberapa kendala yang dihadapi peserta konvensi. Ketua DPD Irman Gusman misalnya, punya basis daerah yang belum terakumulasi. Sementara Ketua DPR Marzuki Alie punya konsep yang berbeda dengan SBY namun belum terartikulasi baik.


"Partai Demokrat butuh orang-orang yang menunjukkan perbedaan dengan SBY," kata Effendi.


Sebelas peserta konvensi Demokrat adalah anggota BPK Ali Masykur Musa, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, anggota DPR Hayono Isman, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DPR Marzuki Alie, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo, dan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.


Laporan: Nuryanto/ tvOne Yogyakarta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya