Kalla: Setahu Saya Tak Ada Peran Bu Ani

SBY dan JK
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews
Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024
- Mantan Presiden Jusuf Kalla membantah WikiLeaks yang menyatakan dia tidak akrab dengan Presiden Yudhoyono saat mendampingi dalam pemerintahan 2004-2009.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Selasa 17 Desember 2013, Kalla mengatakan, selama lima tahun menjabat, bersama Presiden dia turut mengambil peran-peran penting. "(Hubungan) itu tidak soal," kata Kalla.
4 Perang Besar dalam Islam yang Terjadi di Bulan Syawal


Selain itu, semua keputusan diambil lewat sidang kabinet, sehingga dia tidak merasa ada peran ibu negara Ani Yudhoyono mendepak Kalla, seperti yang dituduh WikiLeaks.


"Setahu saya tidak ada peran Bu Ani, karena keputusan diambil pada sidang kabinet. Jadi tidak ada sama sekali," katanya.


Sebelumnya laman WikiLeaks yang mengutip kabel diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat menyatakan, pengaruh ibu negara Ani Yudhoyono sangat besar dalam sikap Yudhoyono.


Dalam kabel tertanggal 17 Oktober 2007 itu, Duta Besar AS untuk Indonesia Cameron Hume mengatakan bahwa Ibu Negara punya andil besar dalam menguntungkan kawan-kawannya dan menyingkirkan musuh-musuhnya, termasuk wakil presiden kala itu, Jusuf Kalla.


Dikatakan dalam laporan tersebut, Ani dan JK tidak akrab dan dingin. Lantas, Ani melakukan cara agar SBY tidak lagi disandingkan dengan JK dalam pemilu 2009.


"Ibu Negara membenci Wakil Presiden dan melancarkan kampanye yang-tidak-terlalu-rahasia untuk menggantikannya pada pemilu 2009. Wakil Presiden sepertinya tidak minat untuk memperbaiki hubungan dengannya," tulis Hume dalam laporan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya