Pemilu dan Pilpres 2009

Lima Lembaga Cari Solusi untuk Pemilih Rentan

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilihan Umum meminta agar kelompok rentan dan tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu legislatif dapat terdaftar di Pemilihan Presiden.

Anggota Badan Pengawas Pemilu Bambang Ekacahya Widodo mencontohkan kelompok rentan itu diantaranya adalah komunitas adat terpencil, Ahmadiyah di Nusa Tenggara Barat, dan komunitas etnis Cina di Tangerang.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Masa sudah tidak ikut pemilu legislatif, mereka tidak ikut pilpres juga," kata Bambang usai pertemuan antara Bawaslu dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM), Departemen Hukum dan HAM, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Komisi Pemilihan Umum, Jumat 3 April 2009.

Dalam pertemuan itu, kata dia, lima lembaga negara itu membahas sejumlah isu-isu krusial mengenai data pemilih. Diantaranya pemilih yang berasal dari kelompok rentan. "Kami harapkan, mereka sudah bisa masuk dalam daftar sementara pilpres yang mulai dibuat 1 April kemarin," kata Bambang.

Selain itu, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di penampungan pun menjadi topik pembahasan untuk dicarikan solusi. Menurut Sekretaris Jenderal Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Besar Setioko, TKI yang ada dipenampungan menjadi pemilih yang haknya rentan hilang. "TKI yang juga sedang ada di bandara saat 9 April rentan karena tidak ada TPS (tempat pemungutan suara) di bandara," kata Besar.

Pemilih ketiga yang dibahas adalah narapidana di lembaga pemasyarakatan. Menurut Direktur Jenderal Pemasyarakat Departemen Hukum dan HAM, Untung Sugiono usai pertemuan itu.
"Untuk lapas yang kapasitasnya 200 orang lebih, akan disedikan TPS," kata dia.

Tapi, jika lapas yang berisi kurang dari 200 orang, penghuninya bisa mendatangi  TPS terdekat. "Tentu, kami akan koordinasi dengan polisi untuk pengamanannya," kata dia.

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024