TPS Sebaiknya di Luar Kompleks Militer

VIVAnews - Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen menyatakan, demi menjaga netralitas TNI, sebaiknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) berada di luar kompleks militer.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Sagom mengatakan, Mabes TNI memang belum menentukan secara pasti apakah keberadaan TPS di dalam atau di luar kompleks militer.

"Tetapi, sebaiknya berada di luar sesuai komitmen untuk menjamin netralitas TNI," kata Sagom seperti yang dilansir, www.dephan.go.id, Jumat 3 April 2009.

Ia mengatakan, hanya saja jika berada jauh dari kompleks juga menyulitkan mengingat lokasi kompleks militer yang cenderung jauh dari pemukiman umum.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

"Bisa saja, karena jauh keluarga TNI malas datang ke TPS dan bisa saja TNI dianggap tidak menyukseskan Pemilu," kata Sagom.

Jika berada di dalam kompleks juga rawan terhadap pelanggaran Pemilu. Bisa saja, ada oknum yang berulah di TPS sehingga mencederai komitmen netralitas TNI.

"Jadi, sebenarnya masalah keberadaan TPS ini harus diperhatikan betul, agar komitmen netralitas TNI benar-benar berjalan," ucap Sagom.

Selama ini, KPU sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2009 kepada para keluarga TNI baik di tingkat Mabes TNI maupun di tingkat mabes ketiga angkatan dan satuan TNI yang tersebar di daerah.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024