Kasus Suap KPPU

Hakim Capek, Benny Pasaribu Batal Bersaksi

VIVAnews - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Benny Pasaribu, batal bersaksi untuk rekannya, M Iqbal. Gara-garanya, majelis hakim sudah terlalu capek untuk meneruskan persidangan.

"Mohon maaf kami sudah kelelahan," kata Ketua Majelis Hakim, Edward Pattinasarani, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis 2 April 2009.

Benny rencananya akan dihadirkan sebagai saksi dalam kasus dugaan penyuapan mantan anggota KPPU Muhammad Iqbal oleh Eksekutif Lippo Group Billy Sindoro.

Mendengar pernyataan majelis hakim, Benny merasa keberatan. Menurutnya, untuk bersaksi pada hari ini dia harus mengorbankan pekerjaannya. "Hari ini banyak surat yang harus ditandatangani, kalau saya diberitahu kan bisa saya kerjakan hari ini," ujarnya.

Meski demikian, Benny akhirnya menyetujui alasan dari majelis hakim. "Tapi kalau ini menjadi putusan majelis, saya hormati," ujarnya.

Edward Pattinasarani pun menyatakan bahwa persidangan akan dilanjutkan pada 16 April. "Sidang akan dilanjutkan pekan depan pada 16 April," ujarnya.

Iqbal didakwa menerima hadiah atas nama jabatan dari Eksekutif Lippo Group Billy Sindoro. Iqbal diduga menerima uang Rp 500 juta. Kuat dugaan uang itu terkait dengan putusan KPPU memutuskan PT Direct Vision selaku pemegang hak siar Liga Inggris agar tidak menghentikan siarannya.

Dalam persidangan sebelumnya, komisioner KPPU Benny Pasaribu mengusulkan agar PT Direct Vision tetap bersiaran untuk menjaga kepentingan konsumen. Usulan itu disampaikan dalam pembahasan draft putusan kasus hak siar liga Inggris.

Putusan bernomor 03/KPPU-L/2008 pada diktum ke lima berbunyi, 'All Asia Multimedia Networks, FZ-LLC untuk menjaga dan melindungi kepentingan konsumen TV berbayar di Indonesia dengan tetap mempertahankan kelangsungan hubungan usaha dengan Direct Vision dan tidak menghentikan seluruh pelayanan kepada pelanggana sampai adanya penyelesaian hukum mengenai status kepemilikian PT Direct Vision.'

Isi surat itu mirip dengan surat elektronik yang disampaikan oleh Billy kepada Iqbal melalui alamat email Benedict, Direktur IT Lippo. Dalam Berita Acara Pemeriksaan yang dibacakan Jaksa, Surat itu berisi soal usulan Billy ke Iqbal agar siaran Astro tidak dihentikan.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024