Lembaga Survei Menjamur, Masyarakat Jadi Bingung

Survey Belanja Masyarakat di Bulan Puasa
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari
VIVAnews -
Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot
Pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Heri Budianto menilai menjamurnya lembaga survei jelang Pemilu 2014 membuat masyarakat bingung. Pasalnya, dia melihat lembaga-lembaga survei tersebut menyajikan data yang saling berbeda, bahkan bertentangan.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Ditemui wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 31 Oktober 2013, Heri menilai hasil survei seharusnya bisa menjadi panduan. "Ini tidak terbatas pada soal ekonomi dan sosial saja tetapi dalam mempersiapkan pileg maupun pilpres yang banyak diteliti oleh lembaga survei," kata Heri.
Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian


Heri curiga ada lembaga-lembaga survei yang menjadi pesanan tokoh atau kelompok tertentu. Hal ini sinkron dengan kecenderungan banyak pihak yang ingin meningkatkan citra di mata masyarakat dengan jalan pintas.


"Sebagai lembaga penelitian ilmiah, lembaga survei wajib mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya kepada publik," terangnya.


Meskipun demikian, Heri melihat satu persamaan yang ditemukan lembaga-lembaga survei tersebut yaitu, rendahnya partisipasi pemilih dalam Pemilu 2014 mendatang. Ia meminta seluruh
stakeholder
baik peserta maupun penyelenggara pemilu mengatasi problem tersebut.


"Ini yang harus kita sikapi, kritisi dan diperhatikan. Jika tidak akan memunculkan delegitimasi pemimpin yang terpilih," tuturnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya