Anggota KPU: Artis Pusat Gravitasi Partai Politik

artis cantik siap ke senayan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru
- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas menilai partai politik sudah melakukan langkah yang bagus dengan merekrut artis sebagai calon legislatif (caleg). Menurutnya, artis dapat menjadi jawaban atas menurunnya daya tarik partai terhadap pemilih.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

"Artis bisa menarik pemilih sebesar-besarnya. Setidak-tidaknya mereka bisa jadi gravitasi partai, menarik para penggemarnya," kata Sigit dalam diskusi di Media Center KPU, Jakarta, Rabu 4 September 2013.
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas


Namun demikian, Sigit mengatakan ada dampak negatif jika seorang artis bergabung ke sebuah partai politik. Salah satunya adalah menyebabkan pertentangan dengan kader inti partai yang merasa posisinya tergusur misalnya berbondong-bondong keluar.


"Ini dilema dalam merekrut pusat-pusat gravitasi ini. Dengan sistem pengkaderan yang perlu diperbaiki di tengah kecenderungan partai menurunnya popularitas," ujarnya.


Selain itu, lanjut Sigit, jika nantinya terpilih menjadi anggota DPR, artis yang semula menjadi pusat gravitasi akan menjadi objek dari partai politik. Bahkan tidak hanya artis, seluruh anggota DPR tidak akan bebas dalam menentukan sikap.


"Anggota parlemen akan terbelenggu oleh partai, tidak peduli itu artis, akademis mereka harus tunduk terhadap parpol," ucapnya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya