31 Agustus, Demokrat Umumkan Peserta Konvensi Capres

Komite Konvensi Capres Partai Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVAnews – Partai Demokrat akan mengumumkan secara resmi peserta konvensi calon presiden partainya pada 31 Agustus 2013. Sementara pertengahan Agustus ini hingga 30 Agustus, akan dilakukan perkenalan dan tanya jawab antara seluruh peserta konvensi dengan komite konvensi.

“Prosesinya akan terbuka untuk media. Tapi tanya-jawabnya tertutup seperti biasa,” kata anggota Komite Konvensi Partai Demokrat, Rully Charis, Selasa 19 Agustus 2013.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Selanjutnya, setelah tanggal 31 Agustus, komite konvensi akan menutup pendaftaran peserta. Saat itu, tak boleh lagi ada usulan nama-nama baru peserta konvensi.

Deklarasi peserta konvensi capres sendiri akan dilakukan 15 September 2013. “Itu acara resmi, diselenggarakan di tempat yang akan ditentukan, sekaligus tanda konvensi dimulai,” ujar Rully.

Komite konvensi malam ini akan menghubungi para calon peserta dan membahas nama-nama tambahan. “Kemudian akan diambil keputusan. Jika perlu voting, pemenangnya ditentukan dengan suara setengah jumlah anggota plus 1. Karena anggota komite 17 orang, maka untuk menentukan lolos tidaknya calon jadi peserta konvensi harus didukung 8 plus 1 suara, atau minimal 9 suara,” kata Rully.

Namun, Rully tak mau menyebutkan nama-nama siapa saja yang sudah masuk dalam daftar calon peserta konvensi. “Yang pasti terdiri dari berbagai latar belakang. Ada pejabat publik yang masih menjabat, mantan pejabat publik, akademisi, kepala daerah berprestasi, anggota DPR, tokoh wanita, dan lain-lain,” ujar dia.

Beberapa nama yang sudah terang-terangan untuk ikut konvensi Partai Demokrat antara lain Ketua DPR Marzuki Alie, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman dan Ahmad Mubarok, Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024