Mendekam di Bui, Emir Moeis Tetap Ketua Komisi XI DPR

Emir Moeis.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis menjenguk rekan sekomisinya, Emir Moeis, di Rutan Guntur, Jakarta Selatan, Senin 19 Agustus 2013. Meskipun Emir telah mendekam di rutan terkait statusnya sebagai tersangka, ternyata ia masih menjabat sebagai Ketua Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan, dan perbankan.

“Saya menjenguk Pak Emir Moeis. Beliau secara resmi masih Ketua Komisi XI. Jadi biar bagaimanapun, dia tetap saja punya wewenang sebagai Ketua Komisi XI,” kata Harry di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta.

Kedatangan Harry selain untuk menjenguk rekannya itu, juga untuk berkonsultasi dengan Emir terkait kebijakan Komisi. “DPR akan memasuki masa sidang baru. Oleh sebab Pak Emir sudah tidak bisa hadir dalam rapat internal, maka saya akan mendengar masukan dari dia sampai nanti dia diganti oleh partainya,” kata Harry.

Terkait siapa yang bakal menjadi pengganti Emir sebagai Ketua Komisi XI DPR, hal itu merupakan kewenangan Fraksi PDIP sebagai fraksi asal Emir. “Posisi Ketua Komisi XI itu jatah PDIP. Pak Emir diganti atau tidak diganti oleh partainya, itu kedaulatan PDIP,” ujar Harry.

Emir Moeis ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 26 Juli 2012. Selaku penyelenggara negara, Emir diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Tarahan, Lampung, pada tahun 2004.

Ketua Bidang Hukum Dewan Pimpinan Pusat PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan, partainya akan segera membahas pengganti Emir Moes di DPR. (kd)

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru
Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024