POLITIK

Tekan Golput, 8.500 Mahasiswa Baru UI Dilatih Memilih

Selain dibekali teori, mereka juga mengikuti simulasi memilih.
Kamis, 15 Agustus 2013
Oleh : Arfi Bambani AmriZahrul Darmawan (Depok)
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ikuti simulasi Pemilu
VIVAnews - Untuk menekan angka golongan putih (golput) alias tidak memilih dalam pemilihan umum mendatang, 8.500 mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diwajibkan mengikuti pelatihan partisipasi politik di area kampus UI. Mereka pun mengikuti simulasi pemilihan.

Selain dibekali dengan berbagai teori politik, para mahasiswa baru ini juga diajarkan langsung mengenai tahapan pemilu seperti cara pencoblosan hingga proses rekapitulasi suara. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Pramono Anung, yang ikut menyaksikan langsung proses pelatihan dan simulasi ini mengatakan pemilih pemula nantinya akan berperan penting dalam dunia politik. Di sinilah perlunya partai politik menarik simpati mereka dengan cara dan pendekatan yang lebih inovatif.

"Pemilih pemula mencapai 59 juta orang, jumlah ini sangat besar. Karena itu, partai-partai politik perlu pendekatan yang serius," ucap politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Senada dengan itu, Dekan FISIP UI, Bambang Sergi Laksmono, berharap, para mahasiswa baru tersebut dapat menyelami dunia politik secara positif sehingga tidak antipati.  "Mereka ini kan calon pemimpin bangsa, untuk itulah kami harus berusaha agar mereka tidak antipati terhadap dunia politik," ucapnya.

Selain Wakil DPR, acara tersebut juga dihadiri sekitar 12 perwakilan partai politik serta tim KPU. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found