Gelar Konvensi Capres, Demokrat Janji Tidak Boros

Konvensi Capres Demokrat 2014
Sumber :
VIVAnews -
Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania
Partai Demokrat sudah membentuk komite konvensi yang beranggotakan 17 orang. Mereka berasal dari internal partai dan kalangan independen. Konvensi akan berlangsung September 2013 untuk menyeleksi calon presiden RI pilihan Demokrat untuk Pemilu 2014.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Lalu, berapa dana yang dibutuhkan Demokrat untuk menyelenggarakan konvensi? Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik, Minggu malam, 11 Agustus 2013, enggan membeberkannya.
Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA


Tapi yang jelas, kata Jero, Demokrat akan meminimalkan anggaran yang dibutuhkan. "Kami ingin biaya politik tidak boleh mahal-mahal. Kami akan hemat," kata Jero.


"Sekarang belum tahu tapi kita hemat. Komite ajukan anggaran sehemat mungkin," dia menambahkan.


Dalam prosesi konvensi yang dilakukan selama dua tahap itu, katanya, semua biaya ditanggung oleh partai. Namun, jika memang ada prosesi lain yang dilakukan peserta konvensi, maka itu ditanggung oleh peserta sendiri.


"Biaya kandidat di luar komite disediakan oleh kandidat dan diwajibkan berasal dari sumber sah dan halal," ujar dia.


Walau ada kesempatan mempublikasikan diri di Partai Demokrat, namun peserta konvensi tetap diikat oleh kode etik. Termasuk, berapa dana yang dibutuhkannya.


"Jangan terlalu mahal. Kami kendalikan dengan kode etik," kata dia.


Sementara, proses penjaringan calon presiden dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama September hingga Desember 2013 sebagai ajang publikasi peserta konvensi.


Tahap kedua, memasuki prosesi seperti debat kandidat dimulai dari Januari hingga Mei 2014. Selanjutnya, akan diputuskan pemenangnya melalui hasil lembaga survei pada Mei 2014. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya