Demokrat: Sudah Lebih 10 Orang Berminat Ikut Konvensi Capres

Jero Wacik
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Partai Demokrat sudah menetapkan 17 orang sebagai Komite Konvensi, yang bertugas menjaring peserta yang akan ditetapkan sebagai calon presiden dari partai itu untuk Pemilu 2014. Pembentukan Komite Konvensi berlangsung Minggu Malam, 11 Agustus 2013, di Jakarta.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik, mengatakan sebelum dibentuknya komite konvensi, sudah ada lebih dari sepuluh orang tokoh yang dihubungi untuk menjadi peserta.

"Sampai hari ini di atas 10 orang yang sudah menyatakan minat," kata Jero di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Tapi Jero enggan menyebutkan siapa saja tokoh yang sudah berminat itu. "Nanti pada saatnya diumumkan komite," ujar dia.

Beberapa nama yang mencuat dan sudah mengatakan ketersediaannya ikut konvensi, dari internal partai adalah, Marzuki Alie, Hayono Isman, dan Ahmad Mubarok. Sementara, dari eksternal partai ada Irman Gusman, Mahfud Md, dan Jumhur Hidayat.

Menurut Jero, proses penjaringan calon presiden dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada September hingga Desember 2013 sebagai ajang publikasi nama-nama peserta konvensi.

Tahap kedua, memasuki proses persaingan peserta konvensi seperti debat kandidat yang akan dimulai dari Januari hingga Mei 2014. Selanjutnya, akan diputuskan pemenangnya melalui hasil lembaga survei pada Mei.

"Pengumuman pemenang bulan Mei, setelah pileg selesai," kata Jero.

Jero berharap, Partai Demokrat mendapatkan suara minimal 15 persen atau setidaknya 18 persen agar dapat mengusung calon presiden sendiri. "Kalau 5 persen, ya nggak mungkin. Makanya kami berjuang. Capresnya ini sama-sama berjuang," kata dia.

Konvensi ini, kata Jero hanya mencari calon presiden, bukan calon wakil presiden, sehingga Partai Demokrat harus mendapat suara minimal 15 persen.

Dibatasi 12 peserta

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Partai Demokrat membatasi hanya 12 tokoh saja yang boleh mengikuti konvensi calon presiden 2013. "Pasti kami batasi, karena ini kan semi terbuka. Kurang lebih paling tinggi 12," kata Ketua Umum Harian Partai Demokrat, Syarif Hasan.

Syarif mengatakan, 12 peserta itu sudah terlalu banyak. Sehingga, masyarakat benar-benar memiliki banyak pilihan. Selain itu, kata Syarif, partainya juga akan mencari tokoh perempuan untuk menjadi peserta konvensi.

Konvensi ini akan dilaksanakan secara transparan melibatkan rakyat dalam pemilihan dan penetapan pemenang. Konvensi tidak ada penyisihan, kecuali kandidat yang bersangkutan mengundurkan diri.

Peserta konvensi tidak dipungut biaya. "Kegiatan ditanggung komite. Biaya konvensi harus berasal dari sumber sah dan halal," ujar Jero Wacik.

Sementara, kata Jero, pemenang konvensi ditentukan selambat-lambatnya pada Mei 2014. Penentuan pemenang didasarkan pada hasil survei, bukan oleh kader Demokrat semata.

"Survei dilakukan setidak-tidaknya dua kali oleh tiga lembaga survei independen dan kredibel. Hasil survei akan diumumkan ke publik secara transparan," kata dia. (ren)

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024