Dewan Syuro PKB Dukung Soekarwo, Bukan Khofifah

Khofifah dan Soekarwo.
Sumber :
  • http://dskemamang.wordpress.com
VIVAnews
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
- Partai Kebangkitan Bangsa secara resmi mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja. Namun Dewan Syuro partai itu justru mendukung Soekarwo-Saifullah Yusuf. Dukungan itu dipastikan sendiri oleh Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) bertandang ke kediaman  KH Azis Mansyur, yang menjabat Ketua Dewan Syura DPP PKB Jatim. Azis juga pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nashi’in, Pacul Gowang, Jombang.
Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM


"Kami sudah memiliki hubungan baik dengan beliau. Ini merupakan silaturahmi kami yang kesekian kalinya," ujar Saifullah Yusuf.


KH Azis Mansyur mengatakan bahwa dirinya mendukung KarSa lahir batin. "Alasannya, KarSa mampu meneruskan perjuangan para kiai."


Selain bertandang ke rumah KH Aziz Mansur, KarSa juga bersilaturrahim ke KH Abdul Salam Mujib, Ketua Dewan Syura DPW PKB Jatim yang juga pengasuh ponpes Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo. KH Abdul Salam Mujib mengungkapkan bahwa pihaknya tetap mendukung pasangan KarSa.


"Sejak kami mengeluarkan rekomendasi yang mendukung pasangan KarSa, kami belum pernah mencabutnya. Dukungan kami (dewan syura PKB Jatim, Red) masih tetap pada pasangan KarSa," katanya saat ditemui Saifullah pada Minggu malam, 4 Agustus 2013 itu.


Pada Februari 2013 lalu DPW PKB Jatim memang mengeluarkan rekomendasi yang isinya meminta Dewan Tanfid PKB untuk mengusung pasangan KarSa. Namun, menurut Kiai Abdussalam Mujib, hingga kemarin Dewan Syuro PKB Jatim tak pernah diajak ngomong sedikit pun soal Pilgub Jatim.


"Hingga hari ini (kemarin, Red) kami juga belum pernah bertemu dengan Khofifah. Tapi, malah dengan Gus Ipul (Saifullah Yusuf, Red), kami sering bertemu dan berkomunikasi," katanya.


Selain itu, KH Abdul Salam Mujib juga mengatakan bahwa pihaknya dulu ketika mengambil rekomendasi mendukung KarSa bukan merupakan keputusan sepihak. "Tapi, kami juga berkonsultasi dan meminta petunjuk dari sejumlah kiai di Jawa Timur. Jadi, sebenarnya keputusan kami ini adalah bentuk pengkhidmatan kami kepada para ulama di Jawa Timur," katanya.


Hanya saja, Kiai Abdussalam mengatakan bahwa pihaknya tak berencana untuk memanggil Dewan Tanfizh DPW PKB Jatim atau mempermasalahkan perbedaan dukungan yang ada. "Biar berjalan alami saja," katanya.


Terpisah, Sekretaris DPW PKB Jatim Thoriqul Haq menolak berkomentar soal dukungan Dewan Syuro PKB yang berbeda dengan Dewan Tanfid. "Kami menghormati keputusan beliau-beliau yang ada di Dewan Syuro," tuturnya, Senin 5 Agustus. "Hanya, soal all out, tentu kami akan mendukung Khofifah sesuai dengan keputusan partai." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya