Hayono: Demokrat Sempat Ingin Jadikan Anas Capres Termuda

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk
– Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, mengatakan partainya dahulu sesungguhnya berharap Anas Urbaningrum bisa diusung menjadi calon presiden. Namun, kasus Hambalang mengubah semuanya.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

“Kami di Partai Demokrat, dan saya sendiri, ingin Anas menjadi capres termuda bangsa ini,” kata Hayono, Jumat 2 Agustus 2013. Menurutnya, karena itulah Demokrat dulu tak berpikiran bakal menggelar konvensi seperti sekarang ini.
Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan


Hayono mengingat, saat Anas resmi menjabat sebagai Ketua Umum Demokrat, elektabilitas Demokrat sedang menanjak. “Tapi karena Nazaruddin, elektabilitas Demokrat turun,” kata dia. Parahnya, kasus Nazaruddin itu diikuti oleh berbagai kasus lain yang terus menghantam Demokrat.


Apapun, Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie mengatakan, kini ada sisi positif yang dipetik dari konvensi. Melalui konvensi, terbuka ruang demokrasi bagi kader dan semua tokoh yang ingin menunjukkan kesiapan dan kemampuannya ke publik.


“Selama ini kader bersifat pasif,
ewuh pakewuh
(segan), karena semua menunggu titah SBY yang selama ini menjadi ikon Demokrat. Beberapa kali SBY meminta kader untuk berkampanye, tapi tidak direspons oleh kader. Maka ruang komvensi ini dibuka agar kader tidak ragu-ragu untuk menyatakan kesiapannya menjadi presiden,” ujar Marzuki.


Menurut Ketua DPR itu, tua atau muda tak dijadikan ukuran oleh partainya, asal siap menjadi presiden dengan rekam jejak yang bisa membuktikan kapasitas, kompetensi, karakter, dan integritasnya. “Memang belum lazim di Indonesia ini, yang bukan Ketua Umum diberi ruang oleh Ketumnya untuk maju sebagai capres. Biasanya ruang itu dipakai sendiri oleh Ketumnya,” kata Marzuki. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya