Marzuki: Mundur dari Jabatan Demi Konvensi, Hanya Cocok Buat Menteri

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK
– Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua, berharap pejabat yang ikut Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, mundur dari jabatan mereka saat ini. Alasannya, proses konvensi akan menyita banyak waktu karena tiap peserta harus berkampanye ke daerah-daerah.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Namun Ketua DPR dan Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang akan mengikuti konvensi, Marzuki Alie, mengatakan peraturan mundur jabatan itu tak layak diterapkan sama rata untuk seluruh peserta. Menurutnya, aturan itu hanya cocok untuk menteri yang berminat ikut konvensi, bukan Ketua DPR seperti dirinya.
Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat


Marzuki, Rabu 31 Juli 2013, berpendapat kerja menteri dan DPR berbeda. Tugas utama Ketua DPR, ujar dia, memang pergi ke daerah-daerah untuk menyosialisasikan berbagai Undang-Undang yang telah disahkan DPR, sehingga ia otomatis punya banyak peluang untuk bertemu langsung dengan masyarakat di daerah – tak jauh berbeda dengan kampanye bakal capres yang juga mengharuskan mereka turun ke lapangan.


“Dalam sebulan paling tidak saya turun ke daerah-daerah,” kata Marzuki. Selain itu, ujarnya, sistem kerja pimpinan DPR adalah kolektif kolegial, di mana empat pimpinan bekerja bersama-sama, sehingga jika salah satu pimpinan DPR tak bisa melaksanakan tugasnya untuk sementara, tugas itu bisa dilakukan oleh pimpinan lainnya.


Apapun, Marzuki pasrah jika Demokrat nantinya mewajibkan seluruh pejabat yang mengikuti konvensi untuk mundur lebih dulu dari jabatannya. “Kalau ada aturan seperti itu, ya (saya) mundur (dari Ketua DPR). Masak saya lawan aturan,” kata dia.


Marzuki kini semakin mantap mengikuti Konvensi Capres Demokrat. “Saya siap-siap saja. Jalan dulu, tapi santai. Tidak perlu buru-buru,” ujar dia.


Sampai saat ini, tokoh internal Demokrat yang menyatakan kesiapan mengikuti Konvensi Capres selain Marzuki Alie adalah anggota Dewan Pembina Demokrat yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI  (Purnawirawan) Pramono Edhie Wibowo, dan anggota Dewan Pembina Demokrat yang juga anggota Komisi I DPR Hayono Isman.


Sementara tokoh eksternal partai yang disebut-sebut akan ikut Konvensi Capres Demokrat adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya