Survei IRC: Mayoritas Masyarakat Tolak Golput

Pemilih masukkan surat suara ke kotak suara di Pilkada Papua.
Sumber :
  • Antara/ Spedy Paereng
VIVAnews
SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
- Angin segar untuk penyelenggaraan Pemilu 2014 mendatang. Survei terbaru dari Indonesia Research Centre (IRC) menemukan hasil bahwa masyarakat Indonesia mayoritas menolak untuk tidak memilih atau golput.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

"Jika pemilu dilakukan hari ini, mayoritas masyarakat, 66,7 persen, secara eksplisit akan menentukan partai politik pilihannya," kata Direktur IRC, Agus Sudibyo, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis 27 Juni 2013.
Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses


Agus mengatakan jumlah masyarakat yang berniat untuk golput hanya sedikit yaitu sebesar 5,9 persen. Sedangkan mereka yang masih merahasiakan jawaban mencapai 15,3 persen. "Tidak tahu serta tidak memberikan jawaban atau belum memutuskan sebesar 12,2 persen," ujarnya.


Agus melanjutkan dari tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) cenderung menjadi partai pilihan. Menurutnya, posisi partai pimpinan Megawati Soekarnoputri sebagai oposisi menjadi salah satu alasannya. "Ada kecenderungan PDIP, 14,7 persen akan mendapatkan lebih banyak suara daripada Partai Golkar, 12,2 persen, Partai Gerindra, 11,1 persen, dan Partai Demokrat, 7,5 persen," ujarnya.


Sementara itu, PKS, sebagai salah satu partai yang menjadi sorotan menempati posisi kedelapan dengan angka elektabilitas 2,8 persen. Posisi PKS tersebut berada di bawah Partai Hanura dengan elektabilitas mencapai 4,0 dan Partai Nasdem 4,5 persen. Satu partai yang memiliki elektabilitas sama dengan PKS adalah PAN.


"Di bawah mereka ada PPP, 2,4 persen, PBB, 0,4 persen, PKPI 0,3 persen," tuturnya.


Untuk diketahui, survei IRC diadakan pada bulan Mei 2013 melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. Metode penarikan sample yang digunakan adalah multistage random sampling. Sementara itu, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 1.800 orang dengan margin of error 2,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya