Contreng Pemilu Bisa Perbanyak Suara Tak Sah

VIVAnews –  Masyarakat dinilai belum siap menerima perubahan sistem mencoblos dengan mencontreng surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2009. Apabila sistem tersebut tetap diterapkan, akan banyak surat suara tidak sah.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim


Hal tersebut diungkapkan Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo usai menjadi pembicara dalam diskusi bertema “Tawuran dan Kepiluan di Bulan Ramadhan” di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Jakarta Selatan, Jumat, 19 September 2008.

Imam menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melakukan inovasi pada proses pencoblosan, mengingat waktu pelaksanaan pemilu yang terbatas.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila


Penggantian sistem itu, katanya akan menimbulkan kebingungan masyarakat. Menurut Imam, masyarakat yang memiliki hak pilih, umumnya tamatan Sekolah Dasar, bahkan sebagian tidak lulus sekolah. "Memegang alat tulis saja ada yang gemetaran," katanya.


Karena itu, KPU mesti melakukan sosialisasi jangka panjang untuk menerapkan pergantian sistem. Apalagi, lanjut Imam, komisi ini juga sedang menghadapi masalah pendataan pemlih, kertas suara, dan persoalan golongan putih. “Jadi ini bahaya betul karena legitimasi pemilu akan berkurang,” kata dia.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali


Hadir dalam diskusi tersebut, Direktur Pascasarjana UIN Hidayat Syarif Hidayatulah Jakarta, anggota DPD dari Kalimantan Timur Nursyampa Hadis, Dewan Pendiri Lembaga Independen Dompet Dhuafa Republika dan Direktur Utama Azhari Islamic School Eri Sudewo.

Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024