Ruhut: PKS Sudah Dianggap Tak Ada di Koalisi

Ruhut Sitompul di Silatnas dan HUT ke 11 Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Ketegangan antara PKS dan mitranya di partai koalisi pendukung pemerintah tak juga reda. Sikap PKS yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai plin-plan oleh anggota koalisi yang lain. Ini karena dalam pertemuan antara Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu, PKS justru mengatakan mendukung kebijakan pemerintah.

Politisi Demokrat Ruhut Sitompul, Kamis 13 Juni 2013, mengatakan sikap PKS yang mbalelo itu membuat seluruh partai politik anggota koalisi tak simpati dengan PKS. “PKS di Setgab (Sekretariat Gabungan Partai Koalisi) sudah dianggap tak ada,” kata Ruhut di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Ruhut mengatakan Demokrat dan partai koalisi lainnya tak takut bila harus berhadapan dengan PKS dalam pengambilan keputusan kenaikan BBM di DPR. Voting kemungkinan bakal terjadi di DPR karena bukan hanya PKS yang menolak harga BBM bersubsidi naik, tapi juga PDIP. 

“Kami koalisi tanpa PKS pun sudah 60 persen lebih di parlemen. Mereka (oposisi) di bawah 10 persen. Jadi enggak pengaruh apakah PKS mau gabung koalisi atau jadi oposisi,” kata Ruhut. Menurutnya, partai-partai koalisi pemerintah sudah bulat mendukung kenaikan BBM dan pemberian dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM bersubsidi itu.

Ruhut yakin kekuatan koalisi tak akan kalah oleh kelompok penentang kenaikan BBM. “Di Setgab ada partai besar dan berpengalaman seperti Golkar. Jadi kami pasti menang,” ujarnya.

Presiden SBY sendiri mengatakan sikap PKS yang bertentangan dengan anggota koalisi lainnya adalah tak etis dan tak elok. SBY semalam menggelar sidang kabinet mendadak, yang dihadiri seluruh menteri kecuali tiga menteri PKS. SBY meminta seluruh elite politik mendukung kebijakan kenaikan harga BBM yang menurut SBY dilakukan “dalam rangka penyelamatan ekonomi negara.”

“Dengan kerendahan hati, saya mengajak sahabat-sahabat saya, para elite politik, untuk menomorduakan kepentingan politik praktis atau kepentingan politik menjelang Pemilu 2014,” kata SBY usai rapat kabinet. (kd)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024