Peluang Capres Alternatif di Pilpres 2014

Ilustrasi Capres
Sumber :
  • dcochanz.blogspot.com
VIVAnews - Pengamat Politik Bahtiar Effendy menilai bukanlah hal mustahil bila tokoh calon presiden (capres) alternatif dapat memenangkan pemilihan presiden 2014. Sebab, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maju sebagai capres pada 2004 popularitasnya bukan yang paling tinggi, namun berhasil memenangkan pertarungan.
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

“Tugas para capres alternatif ini lebih berat. Tapi, bukanlah mustahil, ketika maju mereka akan dapat memenangkan Pilpres nantinya, tergantung dari strategi dan langkah-langkah pemenangan nantinya,” kata Bahtiar Effendy di Jakarta, Kamis 30 Mei 2013.
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Menurutnya, tantangan yang bakal dihadapi para capres alternatif nonpartai, seperti Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Mahfud MD, Irman Gusman tidaklah mudah. Mereka harus bekerja ekstra keras untuk memenangkan tiket pencalonan melalui partai politik.
Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Untungnya sejumlah partai seperti Demokrat telah menyatakan akan membuka konvensi capres. Nah, mereka bisa mencari celah di situ. "Gita juga sudah mulai disebut-sebut dalam beberapa bulan terakhir,” kata Bahtiar.

Capres alternatif harus bisa menawarkan gagasan dan ide-ide alternatif tentang Indonesia masa depan, pembangunan Indonesia jangka menengah, jangka panjang, pembangunan ekonomi, toleransi, pembangunan sosial, politik, dan lainnya. 

“Jadi, ide-ide para capres alternatif ini juga adalah ide-ide atau gagasan alternatif tentang Indonesia masa depan,” jelasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya