Mau Punya Wakil Bermoral di DPR? Semua Tergantung Anda

Rapat Paripurna ke-11
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Rakyat Indonesia bersiap menyongsong Pemilihan Umum 2014 untuk memilih wakil-wakil di legislatif, DPD, hingga presiden. Ingin anggota DPR yang benar-benar bekerja, bermoral, serta tidak korupsi? Semua tergantung Anda sebagai pemilih.

Politisi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, Jumat 24 Mei 2013 mengingatkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilih mereka sebaik-baiknya. Seseorang itu bisa masuk jadi anggota dewan tergantung, menurut dia, tergantung dari partai politik dan masyarakat.

"Sehingga, yang menentukan moral anggota dewan adalah partai politik dan masyarakat," kata Eva yang juga anggota Komisi III DPR ini.

Partai politik menyaring orang-orang untuk masuk daftar calon legislatif dengan berbagai kriteria yang seharusnya akuntabel. Misalkan kemampuan, rekam jejak, dan komitmen terhadap isu publik. "Ada tidak kriteria parpol seperti itu? Atau hanya populer?" kata Eva.

Penentu kedua dan paling penting adalah masyarakat, dalam hal ini pemilih. Menurut Eva, masyarakat perlu tahu bagaimana kapasitas, kapabilitas, integritas dan moral calon anggota dewan itu. "Kuncinya itu justru ada di pemilih."

Parpol boleh saja mencalonkan penyanyi dangdut, atau orang tenar lainnya. "Tapi mau menang atau tidak, tergantung pemilih. Sudah saatnya, Anda jadi pemilih yang bertanggung jawab dan pintar. Jadi, ini jadi PR masyarakat untuk memastikan ada pemilih yang smart."

Namun, dia mengakui, anggota Dewan pun seharusnya bisa menjaga tabiat. Menjaga moral ini tidak hanya urusan bolos dan korupsi, tapi yang lain juga.

"Parpol sekali lagi, jangan hanya memilih orang asal ngetop. Dikhawatirkan berdampak tidak positif dengan kinerja parlemen. Jadi, dilihat komitmen parpol, kemudian kualitas," kata dia.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

DPR periode ini kerap disorot dalam kasus korupsi, . Beberapa karena kasus korupsi. Tak hanya itu, belakangan Badan Kehormatan DPR pun mengumumkan sejumlah anggota yang (umi)

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024