POLITIK

Arief PDIP: Anggota DPR Bolos Pasti Punya Alasan

"Di balik ketidakhadiran itu sebenarnya ada penjelasan-penjelasan."
Sabtu, 18 Mei 2013
Oleh : Desy Afrianti, Nila Chrisna Yulika
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Arief Budimanta
VIVAnews - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDIP, Arief Budimanta, memiliki tingkat kehadiran yang minim di setiap sidang paripurna. Sehingga, dia dicap sebagai anggota dewan yang kerap membolos.

Arief sendiri membantah jika dirinya tak ikut rapat paripurna karena malas. Sebab, katanya, terkadang pada saat rapat paripurna, dia sedang ditugaskan ke luar negeri untuk acara parlementer, atau turun ke daerah pemilihan.

"Kami termasuk yang izinnya banyak, dan dikategorikan sebagai pembolos, jadi misalnya di masa sidang sangat pendek, dengan kapasitas yang sama misalnya ada sidang parlemen dunia di Genewa, kemudian, memenuhi undangan melihat perkembangan demokratisasi di Timur Tengah, padahal sidangnya pendek-pendek," kata dia.

Arief menambahkan, seharusnya masyarakat melihat secara seimbang mengenai isu anggota dewan yang membolos ini.

"Di balik ketidak hadiran itu sebenarnya ada penjelasan-penjelasan. Saya rasa fraksi sudah menjelaskan, bahwa ketidakhadiran anggota dewan ada alasannya. Misalnya tugas keparlemenan, dapil, dan lainnya," kata dia.

Arief sendiri, tercatat tingkat kehadirannya hanya 40 persen pada masa sidang IV, tahun sidang 2011-2012 yaitu 14 Mei-13 Juli 2012. Dan 25 persen pada masa sidang II, tahun Sidang 2012-2013 yaitu 19 November-14 Desember 2012. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found