Survei: Elektabilitas Aburizal Bakrie Tertinggi di Pemilih Pemula

Kunjungan Ical ke Pandeglang (Pelajar)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi di kalangan pemilih pemula pada pemilihan presiden jika dilaksanakan hari ini.

Tingkat elektabilitas Aburizal Bakrie pada pemilih Indonesia berusia 16-20 tahun mencapai 18,6 persen. Aburizal unggul di atas calon-calon presiden lain seperti Wiranto yang ada di posisi kedua (16,3 persen), Megawati Soekarno Putri (13,9 persen), Prabowo Subianto (12,5 persen), dan Hatta Rajasa (5,3 persen).

Selanjutnya, para capres lain yang dimasukkan dalam survei hanya mempunyai pemilih lima hingga di bawah lima persen. Mereka adalah Surya Paloh (5,3 persen), Yusril Ihza Mahendra (5,1 persen), Sutiyoso (3,6 persen), dan Marzuki Alie (3,3 persen).

Peneliti Utama Lembaga Survei Nasional, Gema Nusantara, Minggu, 5 Mei 2013, mengatakan, survei ini dilakukan hanya kepada capres struktural atau mereka yang memang sudah berada di posisi ketua umum partai.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Sementara itu, untuk tokoh nasional tidak dimasukkan, karena melihat keadaan demokrasi yang mengharuskan presiden berasal dari partai politik.

Gema menambahkan, survei ini dilakukan pada 1-7 April 2013 di 33 provinsi dengan kisaran umur 16-20 tahun dengan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jumlah sampel menurut Gema sebanyak 1.230 pemilih dari seluruh Indonesia. Survei ini menggunakan metode purposive random sampling.

"Kami mengambil usia 16 tahun, karena pada tahun depan akan berumur 17 tahun dan cukup untuk memilih," katanya di Jakarta. (art)

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Muzakki Ramdhan

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Mengenai proses persiapan peran dalam film ini, Muzakki menjelaskan tentang pengalaman uniknya dalam memerankan karakter Adil yang memiliki kemiripan dengan Reza Rahadian

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024