KPU Siapkan Regulasi Tentang Rekening Khusus Caleg

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Malik
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVanews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyiapkan Peraturan KPU (PKPU) mengenai dana kampanye setiap calon anggota legislatif (caleg) dalam pemilu 2014.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Dalam regulasi tersebut, setiap caleg diwajibkan mencantumkan rekening khusus untuk dana kampanye.

"Itukan tidak diatur dalam undang-undang. Maka kami diskusikan supaya jangan terlalu banyak resistensi," kata Ketua KPU, Husni Kamil Manik usai menghadiri sidang di Gedung Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kamis 2 Mei 2013.

Husni menginginkan adanya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu 2014. Oleh karena itu, para caleg harus mempertanggungjawabkan seluruh biaya yang dikeluarkan dalam kampanye.

"Jadi bukan dana yang bersumber dari larangan yang sudah diatur dalam kampanye, itu prinsipnya. Sehingga kita sangat menginginkan ini bisa diterima oleh para pihak. Tapi kami perlu diskusikan lebih lanjut," ujarnya.

KPU secepatnya akan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk membahasnya bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Dia memprediksi aturan itu bisa dibahas pertengahan bulan ini setelah masa reses anggota DPR.

"Mudah-mudahan bisa dikejar. Paling lambat sebelum DCT (Daftar Caleg Tetap). Sehingga begitu running kampanye bisa mencatatakan biaya kampanyenya dengan cermat," tuturnya. (sj)

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024