Tiga Parpol Setgab Setuju Kenaikan Harga BBM

Hasrul Azwar (PPP)
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Sekretariat Gabungan kembali menggelar pertemuan Selasa malam kemarin di kantor Sekretariat Setgab, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut membahas kenaikan harga bahan bakar minyak.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Hasrul Azwar, Rabu 1 Mei 2013, mengungkapkan, pertemuan itu dihadiri oleh Partai Demokrat yang diwakili Amir Syamsudin, Sutan Bhatoegana, Partai Golkar diwakili oleh Setya Novanto dan Zainudin Amali, PPP diwakili oleh Arwani Thomafi dan PKB diwakili oleh Marwan Jafar dan Nur Yasin. Sementara PKS dan PAN absen.

Dalam rapat tersebut menyimpulkan bahwa semua fraksi yang hadir menyetujui adanya kenaikan BBM.

"Seluruh peserta rapat memahami perlunya penyesuaian harga BBM, kepastian pemerintah dan bentuk kompensasi yang lebih bermartabat dan mendidik," kata Hasrul.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Namun mengenai kompensasi BBM dengan menggunakan bantuan langsung tunai, masih menjadi perdebatan. PPP dan PKB kata Hasrul, tegas menolak kompensasi dalam bentuk BLT.

"Sementara Golkar, jika terpaksa BLT maka harus ada limitasi baik waktu maupun prosentase hasil penghematan untuk kompensasi itu," ujar dia.

Partai Demokrat sendiri, beranggapan kompensasi dalam bentuk BLT itu nantinya tidak dimonopoli oleh pemerintah.

Selain itu, kata dia, kebijakan kenaikan harga BBM, sudah ada dalam Undang-Undang APBN 2013. Sehingga, tidak perlu lagi menunggu persetujuan DPR.

Sementara itu, menurut anggota fraksi PKB, Nur Yasin, saat rapat yang dipimpin oleh Amir Syamsudin, pemerintah lebih banyak mendengarkan masukan.

"Salah satu yang diambil yang disepakati, harganya satu. BLT banyak yang menolak, terlalu akal-akalan. Pendapat fraksi macam-macam tetapi kami (PKB) menolak," ujar dia.

Seharusnya, kata dia, BLT diberikan langsung kepada warga miskin melalui Departemen Sosial sehingga ada daftarnya lengkap dengan nama dan alamat. "Saya sarankan diantar ke penerima," ujar dia.

Amir Syamsuddin Jadi Sekretaris Setgab

Dalam pertemuan itu juga sekaligus memperkenalkan sekretaris Setgab yang baru. Sebelumnya, posisi sekretaris Setgab diisi Syarif Hasan.

Syarif Hasan kini merupakan ketua harian Partai Demokrat menyerahkan posisi sekretaris Setgab kepada mantan anggota dewan pembina Partai Demokrat, Amir Syamsuddin.

"Dari Syarif Hasan ke Amir Syamsudin. Rapat dipimpin oleh Amir Syamsudin," kata Hasrul Azwar. Meski begitu, dia belum menjelaskan alasan pergantian sekertaris setgab tersebut. (umi)

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024