Pramono: Ada Caleg Rogoh Rp20 M untuk Kampanye

Wakil Ketua DPR Pramono Anung
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pramono Anung, dalam disertasinya, menemukan bahwa publik figur hanya membutuhkan dana kampanye yang sedikit dibandingkan dengan caleg lainnya. Sementara, yang paling tinggi adalah dari kalangan pengusaha.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Pram meminta publik tidak percaya pada pernyataan anggota legislatif yang mengaku hanya mengeluarkan dana kampanye sebesar Rp1 miliar. Sebab, kata dia, rata-rata mereka berbohong.

"Kalau kita tanya berapa yang kamu keluarkan? Dia selalu mengatakan, keluar Rp5 M, atau Rp 1,5 M hingga Rp 2 M. Mereka pengeluarannya direndahkan," kata Pramono dalam peluncuran buku "Basa-Basi Dana Kampanye" di Jakarta, Selasa 30 April 2013.

Anggota legislatif, menurut Pram, cenderung berbohong mengenai dana kampanye, sebab masyarakat tidak suka kepada politikus yang banyak menghabiskan dana untuk kampanye.

Bahkan, dalam disertasi nya untuk meraih gelar doktoral, Pramono menemukan ada seorang anggota legislatif yang mengeluarkan dana sebesar Rp 20 miliar.

"Pernah saya dengar, tapi dia tidak jadi informan saya. Ketika saya curi dengar, ada yang mengeluarkan sampai Rp20 miliar. Dia bilang, kurang lebih menghabiskan US$2,4 juta. Bagi dia, itu bukan angka yang besar," ujar dia.

Menurut dia, dalam sistem proporsional terbuka seperti saat ini, sangat tidak adil bagi kader-kader yang ingin menjadi caleg tetapi tidak memiliki biaya untuk kampanye.

Bahkan, kata dia, pada kampanye 2009 ke 2014, akan ada kenaikan sebesar 3,5 kali lipat lebih mahal. Meski sama-sama berada dalam sistem proporsional terbuka, kata dia, tetapi masa kampanye kali ini memiliki waktu yang cukup lama. "Ini tidak menguntungkan bagi caleg. Setiap turun ke dapil, nggak mungkin nggak mengeluarkan uang," ujar dia.

Akibatnya, kata dia, diprediksi, pengusaha akan mendominasi wajah DPR di 2014. "Sehingga, kalau partai-partai merekrut publik figur sebagai jalan pintas, tidak bisa disalahkan juga," ujar dia.

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024