KPU Diprotes Publikasikan Nomor Urut Caleg

Susno Duadji Bergabung ke Partai Bulan Bintang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
- Banyak partai mengeluhkan kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mempublikasikan nama-nama daftar calon anggota legislatif sementara. Apalagi, berdasarkan nomor urut yang sudah ditentukan oleh partai. Padahal sebagian besar partai, masih merahasiakan nomor urut itu kepada kadernya.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Protes itu juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang, BM Wibowo. KPU telah mempublikasikan daftar-daftar caleg sementara, padahal komisi itu masih memberi kesempatan kepada partai untuk merevisi.
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan


"KPU mengubah aturan, bisa merevisi nomor urut, sehingga perubahan dan perbaikan masih bisa dilakukan. Padahal sehari sebelumnya kita sudah menyiapkan berkas," kata BM Wibowo, Jumat 26 April 2013.


Sebelumnya, kata Wibowo, partainya belum menyampaikan nomor urut kepada para caleg. Kecuali, kepada nomor urut satu.


"KPU kan tidak bertanggung jawab atas itu (nomor urut) tapi parpol dibuat sibuk. Kayak PBB, kita memang sudah memberitahu kader kita yang duduk di urutan atas. Tapi tidak semua, seperti Susno (Duadji) di urutan satu dapil Jawa Barat," ujar dia.


Namun, setelah daftar caleg dibuka KPU, Wibowo mengaku mendapat banyak komplain dari kader-kadernya yang berada di urutan bawah.


"Mereka ingin nomor urutnya naik, mereka ingin di nomor urut teratas, kita harus menjelaskan lagi kepada mereka, jadi tambah sibuk," ujar dia. Sebelum PBB, PPP juga memprotes aturan KPU itu. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya