Nasdem Larang Suami Istri Jadi Caleg

Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo
VIVAnews
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
- Berbeda dengan partai politik lainnya, yang mengusung kerabat untuk ikut pencalegan, Partai Nasdem justru melarang pasangan suami-istri untuk menjadi calon anggota legislatif.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

"Dalam penyusunan caleg itu, kami tidak membolehkan suami isteri menyalonkan di level yang sama. Misalnya, isterinya DPR dan suaminya di DPRD," kata Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Rio Capella, Kamis 25 April 2013.
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat


Menurut dia, memang tidak ada larangan dalam Undang-Undang untuk menerapkan politik dinasti. Sebab, berpolitik adalah hak setiap warga. "Tapi minimal ada rasa malu, bahwa misalnya, kabupaten atau daerah itu milih saudara saja. Kalau tidak punya rasa malu,
ya
silakan saja," ujar Rio.


Malah, lanjut Rio, dia pernah menemukan istri pertama dan istri kedua menjadi anggota legislatif. Bahkan, ada ayah dan anak memiliki nomor urut berurutan di daerah pemilihan yang sama.


"Ada yang bapaknya nomor urut 1 dan anaknya nomor urut 2 di dapil sama, dan dipilih pula. Negeri ini perlu wajah baru
lah
," kata Rio.


Pemilu 2014 mendatang, kata Rio, bukan lagi menjual popularitas partai, tapi, lebih cenderung pemilih mempertimbangkan elektabilitas.


"Dalam sistem pemilu suara terbanyak kali ini, partai kami tentu mengejar, merekrut caleg DPR yang cenderung baru, muda dan siapapun boleh masuk. Tak sekedar dia artis, tapi harus ada tingkat pemahamannya dan bersama-sama melakukan perubahan dengan Nasdem," kata Rio. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya