Kiemas: PDIP Ambil Prita Mulyasari Karena Gigih

Prita Mulyasari datangi KY
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengajukan Prita Mulyasari sebagai salah satu calon anggota legislatif pada Pemilu 2014. Wanita yang berprofesi sebagai guru ini pernah diseret ke meja hijau oleh Rumah Sakit Omni Internasional Tangerang karena kasus pencemaran nama baik.

Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas, mengungkapkan alasan partainya memilih Prita sebagai caleg. “Prita orang yang gigih dan sangat peduli rakyat kecil. Jadi kami mengambilnya,” kata Taufiq di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 24 April 2013.

Ketua MPR dan politikus senior itu mengatakan Prita berbeda dengan artis-artis kebanyakan yang mendaftarkan diri menjadi caleg. Artis-artis itu, ujar Taufiq, memiliki popularitas tetapi belum tentu melewati proses kaderisasi di internal partai.

“PDIP tidak mau instan. Yessy Gusman sudah empat tahunan dikader. Dia belajar dulu. Ada sekolah partai,” kata Taufiq. Yessy adalah bintang film terkenal era akhir 1970 sampai 1080-an yang menjadi caleg dari PDIP.

Yessy pernah membintangi film Gita Cinta dari SMA bersama Rano Karno yang sudah lebih dulu masuk PDIP dan kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten. Yessy memperoleh predikat cum laude dari University of San Fransisco dan aktif berkecimpung dalam organisasi mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Beberapa artis lain yang juga menjadi caleg PDIP adalah presenter Sony Tulung, presenter Nico Siahaan, dan penyanyi jazz Edo Kondologit. “Mereka adalah artis yang rekam jejaknya baik dan punya perhatian pada nasib rakyat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Maruarar Sirait.

Sejak awal kasusnya merebak pada tahun 2009, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan dukungan bagi Prita. Mega menganggap kasus Prita merupakan ancaman terhadap kebebasan berpendapat di Tanah Air. Sejak saat itu, kedekatan terjalin antara keduanya. Prita bahkan mengunjungi kediaman Megawati bersama suami dan anak-anaknya untuk sekedar mencicipi soto bikinan Presiden RI kelima itu.

“Ibu Mega itu bukan hanya sebagai seseorang yang memegang jabatan tertentu. Ia benar-benar sosok seorang ibu,” kata Prita. Megawati pula yang menginspirasinya untuk berjuang lewat PDIP sebagai caleg. “Saya menderita selama lima tahun menjalani proses hukum. Apa memang demikian hukum untuk rakyat kecil? Apa benar-benar ada kesenjangan hukum untuk orang kecil?” Prita mempertanyakan.

Kini Prita akan maju dari Daerah Pemilihan Banten III, yang dikenal merupakan lumbung suara Partai Golkar.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

“Saya punya pengalaman pribadi terseret kasus hukum. Saya ingin membela hak-hak rakyat, terutama rakyat kecil,” kata dia. Untuk itu Prita merasa DPR adalah wadah yang tepat untuk memulai perjuangannya. (kd)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024