Mekanisme Konvensi Capres Ala Demokrat

Marzuki Alie dan Ventje Rumangkang
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu
VIVAnews - Meski sudah yakin menggunakan cara konvensi, tetapi rupanya Partai Demokrat memiliki cara sendiri untuk mencari calon presiden dan wakil presiden 2014 mendatang.
Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie di Gedung DPR, Selasa 23 April 2013, menjelaskan mekanisme konvensi ala Demokrat. Menurutnya, pada Juni mendatang, partainya akan membentuk komite internal untuk menyaring calon-calon yang ikut konvensi.
Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Kemudian, kata dia, pada Agustus 2013, partainya akan memulai penyeleksian calon-calon yang ikut konvensi. Cara penyeleksian itu, dengan debat calon-calon yang ikut konvensi. Debat ini, akan dilakukan menjelang pemilihan legislatif. "Medianya nanti menggunakan panggung, nanti disiapkan juga," ujar Marzuki. 
Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Dari ajang perdebatan itu, Marzuki mengatakan, masyarakat bisa menilai bagaimana gagasan, konsep, dan pemilihan solusi yang bisa menyelesaikan persoalan bangsa. "Nanti kan, disampaikan melalui media kepada rakyat," ujar dia.

Dia menambahkan, bagi yang ikut konvensi, Partai Demokrat mempersiapkan empat bulan untuk menyampaikan gagasannya kepada rakyat. Kemudian, setelah itu dilakukan debat kandidat.

"Nanti ada pertanyaan yang dibuat oleh SBY, melalui orang-orang yang ditugaskan menjadi tim atau komite. Nah di sanalah, setelah pileg, baru konvensi," jelas dia.

Syarat Ikut Konvensi

Namun, kata Marzuki, tak sembarang orang bisa ikut konvensi Partai Demokrat. Ada beberapa persyaratan, misalnya, integritas sudah teruji, sudah pernah memegang jabatan publik, tidak ada persoalan hukum, dan kapasitas memenuhi kualifikasi.

"Itu tentu orang-orang yang sudah memiliki kinerja, maupun menteri-menteri yang dianggap memenuhi," ujar dia.

Setelah dilakukan debat dan ditonton oleh rakyat, akan tampak siapa yang akan disukai oleh masyarakat. Tentunya, kata Marzuki, pemilihan capres dan cawapres Partai Demokrat akan ditentukan lewat survei.

"Nanti pemilihannya lewat lembaga survei yang kredibel, bukan dari survei internal," ujar dia.

Untuk itulah, kata dia, karena sudah ditunjuk oleh SBY untuk ikut konvensi, maka saat ini, dirinya sudah mulai mempersiapkan materi untuk menyampaikan gagasan dan ide. "Nanti saya mulai menata bicara. Dengan bahasa yang menarik, kan orang bisa ikuti," tutur Marzuki. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya