Jadi Caleg, Politisi Minimal Harus Rogoh Rp1 Miliar

Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews -
Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan
Politisi dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengaku harus merogoh kocek hingga Rp1 miliar lebih untuk biaya kampanye pada 2009 lalu. Namun ia menduga angka itu akan semakin membengkak saat Pemilihan Umum 2014 mendatang.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Sebab, waktu kampanye 2014 lebih panjang ketimbang 2009 lalu. "Masa kampanye sekarang kan satu tahun, dulu hanya beberapa bulan," kata Bambang, Selasa 23 April 2013.
Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana


Ditambah lagi, kata dia, persaingan internal maupun eksternal yang semakin memanas. "Mau tidak mau akan memaksa para caleg merogoh kocek lebih dalam lagi," ujar dia.


Menurut dia, dalam sistem demokrasi saat ini, pemilihan langsung akan sulit memenangkan pemilu jika calegnya tidak memiliki modal. "Paling tidak selain modal ekonomi sesuai kemampuan masing-masing, untuk kebutuhan alat peraga dan operasional tim sukses, juga dibutuhkan sekurang-kurangnya modal sosial dan modal politik," kata dia.


Untuk itu, bagi caleg-caleg yang sudah terkenal seperti artis, ulama, dan tokoh masyarakat akan lebih diuntungkan dari sisi biaya. Karena kampanyenya tidak perlu terlalu ngoyo.


"Kalau caleg tersebut benar-benar serius, dibutuhkan paling sedikit Rp 1 miliar. Kecuali kalau hanya iseng-iseng berhadiah,"  ujar dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya