POLITIK

Partai Sedikit, Calon DPD Membeludak

2009, hanya ada 31 orang daftar DPD dari Jawa Timur. Kini 42 orang.

ddd
Selasa, 23 April 2013, 09:48 Arfi Bambani Amri, Tudji Martudji (Surabaya)
Seorang calon DPD dari Jawa Timur mendaftar
Seorang calon DPD dari Jawa Timur mendaftar (VIVAnews/ Tudji Martudji)

VIVAnews - Animo masyarakat Jawa Timur menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2014-2019 cukup tinggi, meski hanya 4 kursi yang tersedia. Di hari terakhir pendaftaran calon, tercatat ada 42 calon yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jatim, dengan berbagai latar belakang dan keilmuan.

"Hari terakhir kemarin (Senin, 23/4) yang daftar sebanyak 21 orang, kalau ditambah yang sebelumnya total ada 42 orang pendaftar," ujar Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU Jatim, Agung Nugroho.

Sesuai ketentuan UU Nomor 8 tahun 2011 tentang Pemilu, anggota DPR RI, DPD dan DPRD dan P-KPU No 8 tahun 2013 tentang pencalonan DPD RI, seorang calon anggota DPD RI minimal harus memiliki dukungan 5 ribu orang yang dibuktikan dengan foto kopi KTP yang tersebar di 50 persen plus 1 kabupaten/ kota dalam satu provinsi.

"Kali ini tampaknya pendaftar untuk DPD RI membeludak, dibanding Pemilu 2009 lalu yang hanya 31 orang. Ini juga mungkin karena jumlah partai terbatas sehingga yang dulunya maju caleg beralih ke calon DPD RI," kata mantan Ketua KPU Kabupaten Ponorogo ini.

Sementara, Mei Eko Rusianto salah seorang cakal calon DPR RI usai mendaftarkan diri ke KPU Jatim mengaku niat maju DPD RI terdorong keinginan menata otonomi daerah supaya tidak keblabasan. Juga ingin meningkatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.

"Provinsi Jatim memiliki sumber daya alam yang melimpah khususnya energi, tapi faktanya masih ada sekitar 16 ribu warga di Bondowoso dan Sumenep yang belum menerima aliran listrik. Saya akan perjuangkan supaya seluruh wilayah Jatim dialiri listrik," ujar pria asli Kertosono yang mendaftar jadi calon DPD dengan bekal 5.920 dukungan KTP yang tersebar di 31 kabupaten/ kota di Jatim.

Selain Mei, ada aktivis perempuan asal Jember, Siti Aminah. Berpakaian kebaya ala Kartini, Mimin -panggilannya, mengaku ingin meneruskan perjuangann Kartini, mengangkat harkat dan martabat perempuan Jatim. Koordinator Forum Solidaritas Perempuan Indonesia itu berjanji berjuang agar perempuan punya banyak kesempatan di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Ia yang juga Wakil Ketua III Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia pernah menjadi Ketua Asosiasi Pengrajin Kayu Jember dan Ketua Asosiasi Jasa Konstruksi Indonesia maju bermodal 5.333 kartu tanda penduduk yang tersebar di 26 kabupaten/kota se-Jatim.

Selain mereka, juga terdapat nama terkenal yang mendaftar jadi calon anggota DPD dari Jawa Timur yakni penyanyi senior Emilia Contessa. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com