POLITIK

Pemilu, Kalimantan Utara Bagian dari Kalimantan Timur

Soal perangkat daerah pun, akan koordinasi dengan Kaltim

ddd
Senin, 22 April 2013, 18:21 Arfi Bambani Amri, Nur Eka Sukmawati
Pelabuhan Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Pelabuhan Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Antara/ Fadlansyah)
VIVAnews - Pelaksana tugas Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, mengatakan susunan anggota DPRD Kalimantan Utara akan diambil dari hasil Pemilu legislatif 2014. Untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden 2014, Kalimantan Utara akan masuk di dalam daerah pemilihan Kalimantan Timur.

"Sementara ini masuk dalam Kalimantan Timur sesuai dengan Undang-Undang. Penyelenggaraannya ikut Pemilu di Kalimantan Timur," ujar Irianto usai dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Senin, 22 April 2013.

Provinsi yang beribukota di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, ini memiliki aset tidak tetap sekitar Rp1,2 triliun. "Total aset tidak tetap, termasuk Rumah Sakit Tarakan sekitar 1,2 triliun," ujar mantan Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur ini.

Dalam 1-3 bulan ini, Irianto akan fokus menyiapkan perangkat daerah agar pemerintahan bisa berjalan. Untuk itu, ia akan berkoordinasi dan komunikasi secara intensif dengan jajaran pemerintahan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur selaku provinsi induk.

"Kita harapkan 1-3 bulan ke depan penyelenggaraan pemerintah di Kalimantan Utara bisa berjalan normal," kata dia.

Selain itu, Irianto juga akan fokus pada pelayanan publik, dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan. Beberapa dinas yang akan diprioritaskan yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Pertambangan, Dinas Pertanian, Sekretariat Daerah, dan Badan Perencanaan Daerah (Bappeda).

"Sementara untuk proyek tahun jamak perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan dibiayai Provinsi Kalimantan Timur," kata dia. (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog