POLITIK

Kado Hari Kartini, PAN Hadiahi Perempuan Calegnya Nomor Urut Satu

Dari tiga menteri saat ini, hanya satu yang maju jadi caleg PAN.
Senin, 22 April 2013
Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika
Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy

VIVAnews - Partai Amanat Nasional (PAN) hari ini menyerahkan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerahan DCS itu dipimpin Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo, Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan, dan para Ketua DPP.

Mereka menyerahkan 560 orang calon dengan jumlah caleg perempuan 208 orang (37 persen). "Ada komitmen PAN bagi caleg perempuan dan hadiah hari Kartini. Kami bukan hanya cukup banyak jumlah caleg perempuan, tapi juga menempatkan perempuan di nomor urut 1 di 20 dapil," kata pengurus senior PAN, Drajad Wibowo, di kantor KPU di Jakarta.

Daerah pemilihan yang menempatkan perempuan di nomor urut 1 itu, kata Drajad, adalah di daerah yang prioritas. Misalnya, ujar dia, di daerah Jawa Barat dari 11 daerah pemilihan ada 6 dapil yang menempatkan caleg perempuan di nomor urut 1.

Contoh lain, kata Drajad, di Jawa Tengah 1 atau di Semarang menempatkan mantan petenis nasional Yayuk Basuki di nomor urut 1. "Itu komitmen PAN untuk caleg perempuan," ujar dia.

Menteri Nyaleg

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PAN, Taufik Kurniawan mengatakan dari tiga menteri dari PAN, hanya satu yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dia adalah Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan.

Sementara dua menteri lainnya, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa tidak mencalonkan diri.

Hatta sendiri akan disiapkan untuk menjadi calon presiden. "Target kami dua digit, sehingga Hatta jadi capres," ujar Taufik. (ren)

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found